8 Kades Asal Ciamis Ikuti Diklat Entrepreneurs Leadership Kepala Desa Juara

Sebanyak 8 Kepala Desa (kades) perwakilan dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengikuti kegiatan Diklat Entrepreneurs Leadership Kepala Desa Juara, yang diadakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, pada tanggal 4- 6 Desember 2019 kemarin.
Sebanyak 8 Kepala Desa (kades) perwakilan dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengikuti kegiatan Diklat Entrepreneurs Leadership Kepala Desa Juara. Foto : Istimewa.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sebanyak 8 Kepala Desa (kades) perwakilan dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengikuti kegiatan Diklat Entrepreneurs Leadership Kepala Desa Juara,  yang diadakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, pada tanggal 4- 6 Desember 2019 kemarin.

Kepala Desa Kertahayu, Yari Budiana, yang turut serta dalam diklat tersebut, mengaku bangga karena dirinya menjadi salah satu dari 8 peserta yang mewakili Kabupaten Ciamis dalam kegiatan Diklat Entrepreneurs Leadership Kepala Desa Juara se-Jawa Barat.

“Alhamdulillah, saya bisa ikut masuk dalam kegiatan diklat kemarin bersama delapan kepala desa lainnya di Kabupaten Ciamis. Di mana kegiatan ini jelas sangat begitu bermanfaat bagi saya secara pribadi, maupun seluruh peserta diklat. Dari kegiatan itu saya bisa mendapatkan ilmu tentang bagaimana mengelola desa agar bisa lebih maju dan berkembang,” tuturnya, kepada HR Online, Sabtu (07/12/2019).

Lanjut Yari, kegiatan diklat tersebut dilaksanakan di Yogjakarta dengan mengunjungi desa yang sudah maju, yaitu Desa Tridadi, Kabupaten Sleman, serta mengunjungi beberapa lokasi, termasuk Puri Mataram.

“Dalam kegiatan tersebut, kami dibekali beberapa materi, seperti materi kepemimpinan modern, kreatif dan inovatif, penggalian gagasan dalam menciptakan inovasi desa, serta bagaimana mengelola BUMDes agar bisa menjadi pilar ekonomi desa,” terangnya.

Selain itu, imbuh Yari, materi mengenai kolaborasi pengembangan potensi desa dan strategi pemasaran, serta upaya pengembangan UMKM desa, dan materi lainnya.

Delapan kades dari Kabupaten Ciamis yang mengikuti Diklat Entrepreneurs Leadership itu meliputi, Kades Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kades Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kades Raksabaya, Kecamatan Cimaragas.

Kemudian, Kades Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kades Panumbangan, Kecamatan Panumbangan, Kades Mangkubumi, Kecamatan Sadananya, dan Kades Karang Kamulyan, Kecamatan Cijeungjing. (Suherman/R3/HR-Online)

Loading...