Aksi Sosial Tiga Ormas di Pamarican Ciamis yang Patut Ditiru

Aksi Sosial Tiga Ormas di Pamarican Ciamis
Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, ikut membantu membangun rumah Anang Ruhyat, warga Dusun Cisaar, RT 05/02, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, bersama ormas PP, FPI dan Karang Taruna. Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Apa yang dilakukan oleh tiga gabungan ormas yang berada di Kecamatan Pamarican ini patut dipuji dan ditiru. Pasalnya, ketiga organisasi massa ini, bersatu dan bahu membahu untuk mendorong sinergitas demi memanusiakan manusia di bidang sosial.

Dimana, Kamis (19/12/2019), gabungan organisasi massa dari Pemuda Pancasila (PP), Front Pembela Islam (FPI) dan Karang Taruna setempat ini, membangun hunian atau rumah untuk keluarga Anang Ruhyat, warga Dusun Cisaar, RT 05/02, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican.

Bentuk kepedulian dari ketiga ormas yakni dari Pemuda Pancasila (PP), Front Pembela Islam (FPI) dan Karang Taruna setempat ini, merupakan salah satu bentuk menjalin kebersamaan lintas sektoral.

Ketua PP Kecamatan Pamarican, Joni Sujana kepada HR Online mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempunyai harapan pembangunan rumah untuk keluarga Anang Ruhyat.

Keluarga tersebut tidak memiliki rumah, mirisnya lagi untuk tidur di serambi masjid yang ada di dekat kantor Desa Kertahayu.

“Awalnya kami mendapatkan informasi jika ada satu keuarga yang tidak memiliki rumah, dan selalu tidur di emperan (serambi) masjid. Dari situlah, hati kami merasa tergugah hingga akhirnya kami mempunyai inisiatif untuk membantu saudara kita ini,” katanya.

Dalam kegiatan ini, kata Joni, ormas PP tidak bergerak sendirian. Namun, diakuinya, juga bekerjasama dengan organisasi massa lain serta karang taruna setempat. 

“Sebelum melaksanakan kegiatan ini, Kami melakukan koordinasi dengan rekan-rekan. Dan Alhamdulillah, ada rekan kami yang menjadi inisiator untuk melakukan kerjasama antar ormas demi kemanusiaan,” tuturnya.

Dari koordinasi tersebut, akhirnya sepakat untuk memberikan bantuan secara swadaya. “Selain mendirikan bangunan rumah, sebelumnya juga kami membelikan sebidang tanah seluas lima ubin untuk keluarga Anang ini,” katanya.

Hal senada dikatakan Dedi supriyadi (jotak), selaku inisiator kegiatan. Dikatakannya,  kegiatan tersebut merupakan langkah awal dirinya untuk mempersatukan ormas yang ada di wilayah Kecamatan Pamarican.

“Alhamdulillah dengan adanya kebersamaan seperti ini, kedepannya kita akan ciptakan kondusifitas antar ormas, terutama dalam pergerakan kemanusiaan,” katanya.

Wakil Bupati Ciamis Apresiasi Kebersamaan Ketiga Ormas

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, yang hadir pada peletakan batu pertama, mengaku merasa tergugah. Selain itu, Yana juga memberikan apresiasi atas kebersamaan ormas yang ada di Kecamatan Pamarican.

“Jelas kami merasa bangga,” ucapnya.

Yana berharap, kedepannya ormas-ormas yang ada di Kabupaten Ciamis bisa meniru kegiatan ini. Dengan adanya kebersamaan terutama di bidang sosial. 

Saat ditanya terkait langkah apa yang akan ditempuh oleh Pemkab Ciamis, terkait masih banyak didapatkan warga miskin yang tinggal di rumah yang tidak layak huni, Yana menjelaskan, bahwa Pemkab Ciamis saat ini tengah berusaha untuk menuntaskan kemiskinan, terutama memberikan bantuan rumah tidak layak huni.

“Insya Allah kedepannya kita akan terus berusaha untuk menurunkan program bantuan rumah bagi warga miskin, yang ada di kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Menurut Yana, Pemkab Ciamis juga tengah melakukan sinergitas antara pemkab dengan pemerintah provinsi Jabar, serta pemerintah pusat terkait program rutilahu.

“Mudah-mudahan dengan nanti adanya bantuan dari APBN dan APBD, kemiskinan di Kabupaten Ciamis akan segera tertangani,” terangnya.

Untuk tahun 2020, lanjut Yana, Kecamatan Pamarican akan mendapatkan kucuran bantuan Rutilahu untuk semua desa.

“Kecamatan Pamarican ditahun 2020 mendatang akan menerima bantuan rutilahu terbanyak. Dimana, masing-masing desanya akan mendapatkan jatah bantuan sebanyak 20 unit,” terangnya.

Tanggapan Terhadap Ketiga Ormas

Sementara itu, Anang Ruhyat mengaku sangat terharu atas adanya perhatian dan bantuan dari gabungan ormas yang ada di wilayah Kecamatan Pamarican.

“Alhamdulillah, saya sangat berterimakasih kepada seluruh rekan ormas yang telah memberikan bantuan ini untuk keluarga saya. Mudah-mudahan semua yang telah dicurahkan untuk keluarga saya, mendapatkan balasan yang berlimpah dari Allah SWT. Terimakasih juga kepada pak Wabup Yana yang sudah mau datang dan memberikan bantuan untuk saya,” katanya.

Kepala Desa Kertahayu, Yari Budiana, saat menghadiri kegiatan peletakan batu pertama rumah Anang Ruhiyat, mengaku kagum atas inisiatif rekan-rekan gabungan ormas di Kecamatan Pamarican, yang memberikan bantuan rumah untuk warganya.

“Selaku pemerintah desa, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada rekan ormas dari PP, FPI dan Karangtaruna, yang telah memberikan bantuan pembangunan rumah untuk warga kami ini,” katanya.

Yari berharap, semoga kedepannya ketiga ormas dan lainnya juga bisa terus melakukan kegiatan sosial.

“Terimakasih pula buat pak Wabup Yana yang telah sudi datang ke sini, dan memberikan bantuan kepada warga saya,” katanya. 

Sumber informasi di lapangan, sejak beberapa bulan yang lalu, keluarga Anang Ruhyat dikabarkan hidup terlunta-lunta pasca diusir oleh saudaranya lantaran perselisihan keluarga.

Setelah perselisihan tersebut, Anang Ruhyat bersama istri dan tiga anaknya ini hidupnya terlunta-lunta. Sedangkan untuk tidur saat malam hari, mereka memanfaatkan serambi mesjid. (Suherman/R5/HR-Online)

Loading...