Alasan Memilih Investasi Properti, Jaminan Keuntungan yang Menjanjikan

Alasan Memilih Investasi Propert
Ilustrasi Investasi Propert. Foto: Istimewa

Ada banyak alasan memilih investasi properti yang bisa anda pertimbangkan untuk terjun ke bidang ini. Untuk memulainya, anda memang membutuhkan modal yang tak sedikit. Meski begitu, keuntungan yang didapat sangat menjanjikan.

Dengan jaminan keuntungan yang menggiurkan, investasi properti menjadi salah satu investasi yang banyak diminati.

Tak hanya menguntungkan, investasi properti juga terbukti aman. Bahkan investasi ini termasuk jenis investasi paling aman di dunia.

Alasan Memilih Investasi Properti

Bagi anda yang ingin berinvestasi, anda bisa lirik properti sebagai salah satu pilihannya. Adapun alasannya ialah sebagai berikut.

Peningkatan Jumlah Penduduk

Salah satu alasan mengapa anda sangat disarankan untuk investasi properti yaitu tingginya angka pertumbuhan penduduk di negara berkembang, seperti Indonesia. Peningkatan jumlah penduduk tentu saja berpengaruh terhadap ketersediaan tempat tinggal.

Sebagaimana yang kita tahu, tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Tempat tinggal ini bisa didapat dengan membeli, menyewa, atau mendapatkan warisan.

Dengan alasan tersebut, anda bisa memanfaatkan peluangnya dengan terjun ke investasi properti. Pastinya investasi anda membuahkan hasil yang manis karena banyak dibutuhkan.

Bisa Dikendalikan Sendiri

Alasan memilih investasi properti lainnya yaitu bisa dikendalikan sendiri dengan mudah. Dengan kendali penuh di tangan sendiri, anda bisa merasakan kepuasan dan keuntungannya.

Tak hanya itu, anda juga bisa lebih mudah dalam meningkatkan kemampuan dalam bernegosiasi maupun kegiatan investasi lainnya.

Poin ini tentu saja tak bisa anda temukan dalam jenis investasi lainnya, misal saham. Hal ini dikarenakan investasi saham dikendalikan oleh broker dan perusahaan pengelola, bukan pemegang saham.

Keuntungan Ganda

Dengan melakukan investasi properti, anda bisa mendapatkan keuntungan ganda, yakni pendapatan aktif dan pasif. Income aktif bisa anda terima saat menjual properti, sementara income pasif didapat jika anda menyewakan properti.

Ketika anda memutuskan untuk menjual properti pun, anda akan diuntungkan dengan harganya. Hal ini dikarenakan harga properti bangunan maupun tanah bisa terus meningkat setiap tahunnya.

Begitupun dengan sewa properti. Setiap tahunnya, harga sewa properti bisa mengalami peningkatan sampai dengan 10%. Prospek investasi ini benar-benar menjanjikan.

Dapat Dijadikan Sebagai Agunan

Alasan memilih investasi properti yang satu ini tak boleh anda lewatkan. Dengan anda memiliki properti, maka anda bisa lebih mudah dalam mengajukan pinjaman ke bank.

Pasalnya, properti ini bisa dijadikan sebagai agunan. Dengan agunan berupa properti, maka pengajuan pinjaman dana akan lebih cepat diproses.

Berbeda halnya dengan agunan lainnya yang sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak perbankan sehingga enggan langsung diproses.

Bisa Dimulai Dengan Modal Kecil

Eksistensi investasi properti seolah tak ada matinya. Tak heran jika banyak investor yang rela mengeluarkan banyak uang untuk modal investasinya.

Meski begitu, investasi properti tak selalu membutuhkan modal yang besar. Anda juga bisa memulainya dengan budget terbatas. Hal ini pun menjadi salah satu alasan memilih investasi properti yang penting untuk diperhatikan.

Adapun solusi terbaik untuk anda yang ingin berinvestai properti namun hanya memiliki modal kecil, anda bisa memilih sistem cicilan.

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini sudah banyak jasa yang menawarkan properti dengan sistem cicilan. Semakin menguntungkan lagi apabila anda memilih sistem cicilan yang tanpa uang muka.

Selama membayar cicilan setidaknya 3 tahun, anda sudah bisa memanfaatkan properti tersebut, misalnya disewakan. Setelah cicilan lunas, anda menjadi pemilik sahnya.

Saat itu juga harga properti sudah pasti mengalami kenaikan. Anda pun bisa menjual kembali dengan harga yang sesuai pasaran.

Berbicara soal modal, alasan memilih investasi properti lainnya yaitu bisa dimulai dengan pinjam uang ke bank. Cara ini cukup mengejutkan karena anda bisa berinvestasi properti tanpa modal.

Uang yang anda pinjam di bank bisa digunakan untuk membeli properti. Setelah itu, anda bisa melakukan renovasi dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Apabila anda pandai dalam mengelola keuangan, maka anda bisa ambil keuntungan dan tetap rutin membayar cicilan ke bank.

Beberapa alasan memilih investasi properti di atas bisa anda pertimbangkan untuk memperoleh pendapatan. Jika dirasa sesuai dengan passion anda, maka jangan ragu memilihnya. (R10/HR-Online)