Antisipasi Kecelakaan Lalin, BNN Tes Urine Sopir Bus di Terminal Ciamis

BNN Tes Urine Sopir Bus
Tim gabungan dari BNN Kabupaten Ciamis, Polres Ciamis, Dinas Pehubungan Ciamis, serta TNI, sedang melakukan tes urine ke sopir bus yang masuk ke terminal Ciamis, Selasa (10/12/2019). Foto : istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sopir angkutan umum bus di Terminal Ciamis mengikuti tes urine dan pemeriksaan kesehatan, Selasa (10/12/2019). Kegiatan yang dilaksanakan tim gabungan dari BNN Kabupaten Ciamis, Polres Ciamis, Dinas Pehubungan Ciamis, serta TNI ini, sebagai upaya pengamanan menjelang Natal dan tahun baru 2020.

Pantauan HR Online, tim gabungan tersebut bukan hanya memeriksa sopir untuk cek kesehatan dan tes urine. Namun juga semua bus yang masuk ke terminal diperiksa kelaikan oleh petugas, sambil diminta menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, tidak ditemukan sopir yang memakai atau mengonsumsi obat-obatan terlarang atau narkotika. Hanya saja, petugas mendapati beberapa sopir bus yang mempunyai tekanan darah di atas normal.

Sopir itu, diimbau petugas agar bisa istirahat cukup, serta tidak memaksakan melanjutkan perjalanan jika kepala pusing. 

Sementara dari hasil pemeriksaan kelaikan dan kelengkapan surat kendaraan, didapati 5 unit bus. Dan petugas gabungan terpaksa harus mengamankan kendaraan umum tersebut, karena kondisinya tidak laik jalan.

Kasie Berantas BNN Kab. Ciamis, Kompol Ricky Lesmana mengatakan, menjelang natal dan tahun baru, biasanya mengalami peningkatan jumlah penumpang serta mobilitas kendaraan, karena banyak masyarakat yang liburan dan pulang kampung.

“Makanya kita laksanakan tes urine dan cek kesehatan ini. Tujuannya untuk mengantisipasi adanya kecelakaan lalu lintas karena┬áhuman error, sekaligus juga dalam upaya mencegah peredaran narkotika di kalangan sopir angkutan,” ungkapnya. (Jujang/R5/HR-Online)

Loading...