Aplikasi Google Chat Android Dibekali Sistem RCS

aplikasi google chat android
Aplikasi Google Chat Android. Foto: Ist/Net

Aplikasi Google Chat Android kini telah memiliki layanan baru terkait dengan pengiriman pesan. Layanan ini diluncurkan langsung oleh pihak Google.

Layanan ini membawa pembaruan yang bisa digunakan oleh pengguna. Layanan yang diluncurkan oleh Google ini bisa disebut dengan chat.

Pihak Google telah menyematkan fitur yang hampir sama dengan iMessage. Seperti yang diketahui bahwa iMessage merupakan layanan milik Apple.

Aplikasi Google Chat Android dengan Layanan Baru

Google memang selalu menghadirkan banyak inovasi. Salah satunya adalah pembaruan layanan pengirim pesan.

Dalam pembaruan kali ini ternyata sudah dibekali dengan sistem baru. Sistem tersebut adalah RCS atau Rich Communication Services.

Sistem yang terdapat pada aplikasi Google Chat ini bisa digunakan pada perangkat Android. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang hampir sama dengan Apple.

Lalu apa yang dimaksud dengan sistem RCS pada aplikasi Google Chat Android? RCS merupakan sebuah protokol online baru.

Protokol online tersebut dapat digantikan untuk menggantikan sistem yang digunakan untuk berkirim pesan konvensional.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi ini memiliki fitur yang hampir menyerupai iMessage. Fitur tersebut berupa pembaruan notifikasi.

Pembaruan notifikasi tersebut memudahkan pengguna untuk mengetahui pesan yang akan diterima. Pengguna juga bisa mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Tanda mengetik juga akan diperlihatkan pada pembaruan notifikasi.

Aplikasi Google Chat Android memang memudahkan penggunanya. Terlebih lagi dalam hal pengiriman pesan.

Apalagi sekarang sudah disediakan layanan baru terkait pembaruan notifikasi. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada bulan Juni lalu.

Hanya ada beberapa negara yang mendapat dampak peluncuran ini. Mulai dari Meksiko, Inggris, dan juga Perancis.

Pihak Google juga mengungkapkan bahwa peluncurannya kali ini bersifat universal. Artinya bisa digunakan oleh semua pengguna Android.

Sistem RCS pada Aplikasi Google Chat Android

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi ini memiliki fitur yang menyerupai iMessage. Hal yang menyerupai adalah bentuk pesan yang akan dikirimkan.

Biasanya bentuk pesan yang bisa dikirim adalah teks. Namun dengan adanya fitur baru, maka akan ada pesan yang berbeda.

Pengguna bisa mengirimkan pesan dalam bentuk video dan juga gambar. Hal yang lebih menarik adalah resolusi gambar atau video juga tinggi.

Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur tersebut. Jika tidak digunakan, maka fitur tersebut bisa dinonaktifkan.

Layanan dari Google ini bisa digunakan oleh beberapa orang yang memiliki sistem RCS. Agar bisa menggunakan layanan ini, maka pengguna harus memiliki RCS di Android.

Seperti yang diketahui bahwa sistem RCS ini menggantikan protokol terdahulu. Sebelumnya, protokol yang digunakan adalah SMS atau pesan konvensional.

Dengan adanya sistem ini membuat banyak orang lebih diuntungkan. Terlebih lagi dengan beberapa fitur yang telah disediakan.

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan secara modern. Bahkan bisa dibilang hampir sama dengan percakapan chat.

Aplikasi Google Chat Android ini memudahkan pengguna untuk mengirim pesan dengan mudah. Bahkan bisa digunakan untuk melampirkan komponen media yang beresolusi besar.

Hal ini bisa dibilang hampir menyerupai dengan percakapan chat pada beberapa platform. Disamping itu, pengguna akan semakin nyaman karena kemudahan ini.

Peluncuran sistem dan layanan ini sempat menemui kendala terkait dengan keamanan. RCS ini belum memiliki enkripsi ujung ke ujung seperti yang ada pada aplikasi chat lainnya.

Kelebihan Aplikasi Google Chat

Meskipun begitu, sistem pada aplikasi Google Chat ini bisa digunakan dengan mudah. Bahkan ada beberapa kelebihan dari layanan ini.

Mulai dari fitur pembaruan notifikasi. Pembaruan ini memudahkan pengguna untuk menerima pesan. Pengguna bisa mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum.

Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa melihat adanya tanda mengetik dari fitur ini. Hal ini membuat pengguna lebih puas dalam melakukan percakapan chat.

Kelebihan selanjutnya adalah bisa mengirimkan pesan dalam bentuk selain teks. Pengguna juga bisa mengirim pesan dalam bentuk gambar dan video.

Beberapa kelebihan tersebut membuat pengguna Android lebih puas. Aplikasi Google Chat akan semakin canggih dengan layanan baru.

Aplikasi Google Chat Android bisa memudahkan pengguna dalam mengirim pesan. Hal ini dapat dilihat dari fitur dan layanan yang diberikan Google. (R10/HR-Online)