Aplikasi Google Chrome Sebagai Perlindungan Privasi

Aplikasi Google Chrome
Aplikasi Google Chrome. Foto: Istimewa

Aplikasi Google Chrome kini bisa digunakan untuk melindungi privasi akun. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna ketika mengoperasikan smartphone menggunakan akun Google.

Banyak pengguna smartphone yang sering mengeluhkan mengenai keamanan akun Google. Kini Google Chrome bisa digunakan untuk melindungi akun pengguna.

Tidak sedikit pengguna yang menyimpan beberapa data pada akun Google. Oleh karena itu, setiap akun perlu dijaga privasinya.

Aplikasi Google Chrome untuk Melindungi Privasi

Google Chrome merupakan salah satu layanan aplikasi dari pihak Google. Aplikasi ini memang sudah disediakan oleh pihak Google pada smartphone yang memang didukung layanan Google.

Aplikasi browser yang satu ini sudah digunakan oleh banyak orang. Tidak mengherankan jika aplikasi ini menjadi populer di kalangan banyak orang.

Aplikasi Google Chrome ini memiliki berbagai fitur. Bahkan aplikasi ini tidak hanya sebagai mesin pencari saja. Tetapi juga bisa digunakan untuk membaca berita.

Pada halaman utama pencarian terdapat beberapa berita yang ditayangkan. Berita yang ditayangkan juga dijamin terupdate dan aktual.

Kini hal yang lebih baru telah dihadirkan oleh pihak Google Chrome. Pasalnya aplikasi ini bisa digunakan untuk melindungi privasi akun.

Seperti yang diketahui bahwa aplikasi Google Chrome juga membutuhkan akses akun. Semua data yang ada didalam akun sangat rawan untuk dicuri.

Google Chrome akan memberikan pengalaman baru terkait dengan perlindungan privasi akun. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk melindungi privasi akun menggunakan Google Chrome.

Cara Melindungi Privasi Menggunakan Google Chrome

Ada beberapa langkah yang bisa anda gunakan untuk melindungi akun. Lebih tepatnya melindungi akun menggunakan aplikasi Google Chrome.

Berikut ini langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk melindungi privasi akun.

1. Melakukan Penonaktifan Sinkronisasi

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah penonaktifan sinkronisasi. Mengapa harus menonaktifkan sinkronisasi?

Hal ini untuk menghindari pengumpulan data di perangkat lain. Seperti yang diketahui bahwa sinkronisasi dapat membuat perangkat lain juga bisa mengakses akun Google.

Selain mengakses, perangkat lain juga bisa mengumpulkan dan menyimpan beberapa data dari akun Google. Tentunya hal ini dapat membuat akun Google semakin rawan.

Langkah yang bisa anda lakukan adalah membuka menu pengaturan dan mematikan fitur sinkronisasi.

Cara ini bisa membuat akun anda lebih aman dari pencurian. Bahkan tidak akan ada perangkat lain yang dapat mengumpulkan data akun lagi.

2. Mengaktifkan Fitur Jangan Lacak

Cara melindungi privasi akun menggunakan aplikasi Google Chrome adalah mengaktifkan jangan lacak. Fitur pelacak ini bisa diaktifkan dengan membuka menu pengaturan di Google Chrome.

Fitur ini bisa membantu pengguna untuk melindungi privasi akun Google. Sehingga perangkat lain tidak bisa mengakses akun Google pengguna.

3. Menghapus atau Membersihkan Data di Browser

Langkah selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah dengan menghapus atau membersihkan data di browser. Langkah ini bisa mengurangi resiko pencurian akun Google.

Aplikasi Google Chrome telah menawarkan opsi pada setiap penggunanya. Opsi tersebut berkaitan dengan penyimpanan data cookie.

Banyak akun Google yang berhasil dicuri karena data yang tertinggal dan tidak dihapus. Hal ini memudahkan pencuri untuk mengakses data milik pengguna lain.

Oleh karena itu, pengguna harus menghapus dan membersihkan berbagai history di web browser Chrome. Bila perlu pengguna juga bisa memblokir cookie atau data dari pihak ketiga.

4. Menggunakan Google Privacy Checkup

Langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan Google Privacy Checkup. Seperti namanya, Google privacy Checkup akan memberikan layanan privasi untuk penggunanya.

Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa membagikan beberapa kegiatan dari berbagai layanan. Seperti YouTube, Google +, dan yang lainnya.

Aplikasi Google Chrome memang sangat membantu para penggunanya. Terlebih lagi untuk melindungi beberapa data dan juga privasi akun Google.

Pengguna akan lebih mudah untuk melindungi privasi terkait dengan akun Google. Bahkan akun Google akan lebih aman dan terlindungi privasinya.

Pengguna bisa memanfaatkan beberapa fitur yang telah disediakan oleh Google Chrome. Dengan adanya fitur keamanan ini membuat akun Google tidak akan mudah dicuri.

Aplikasi Google Chrome bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk kepentingan privasi. Pengguna bisa menggunakan beberapa langkah diatas untuk melindungi akun Google. (R10/HR-Online)

Loading...