Rabu, Januari 26, 2022
BerandaArtikelBahaya Gorengan Jika Terlalu Sering Mengkonsumsinya

Bahaya Gorengan Jika Terlalu Sering Mengkonsumsinya

Sering makan gorengan ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Dibalik rasa renyah dan gurih gorengan yang menggugah selera makan, ternyata bahaya gorengan menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit pada tubuh jika terlalu sering mengkonsumsinya.

Gorengan merupakan makanan yang cukup populer dan hampir semua orang menyukainya. Gorengan sering kita jumpai dan dijual oleh pedagang di pinggir-pinggir jalan. Berbagai jenis gorengan yang sering dijajakan diantaranya gorengan tempe, toge tahu (gehu), bala-bala, ubi, pisang hingga singkong. Semua jenis gorengan tersebut berbahan utama tepung.

Meski demikian, sering makan gorengan tidak serta merta menimbulkan penyakit bagi orang yang mengkonsumsinya. Asalkan tidak berlebihan dan memiliki pola hidup sehat, tentu tubuh kita tidak akan mudah terserang penyakit hanya karena makan gorengan.

Bahaya Gorengan bagi Kesehatan

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 6 bahaya jika anda sering makan gorengan secara berlebihan:

  1. Kolesterol tinggi.

Terlalu sering makan gorengan bisa meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Minyak goreng yang digunakan berkali-kali untuk menggoreng makanan, nyatanya tidak baik untuk kesehatan. Jika minyak sering berulang-ulang digunakan untuk menggoreng gorengan, maka jumlah kolesterol pada gorengan akan semakin banyak.

2. Memicu Diabetes

Berbagai penelitian ilmuan menunjukan, sering mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak ternyata dapat menimbulkan risiko penyakit diabetes . Hasil penelitian juga menunjukan bagi orang yang mengkonsumsi gorengan 4 sampai 6 kali dalam seminggu, 39 persen bereesiko bisa terkena diabetes. Sementara bagi orang yang sering makan gorengan tujuh kali atau lebih dalam satu minggu, akan mengalami peningkatan risiko terkena diabetes hingga 55 persen.

3. Meningkatkan Risiko Kanker.

Sering makan gorengan bisa membuat anda terpapar acrylamide.  Acrylamide adalah senyawa yang mempunyai sifat karsinogen. Senyawa tersebut bisa menimbulkan penyakit kanker. Bahkan, National Cancer Intitute (NCI), mengimbau masyarakat untuk tidak sering mengkonsumsi gorengan karena mengandung lemak trans yang bisa memicu timbulnya penyakit kanker.

Bahaya Lainya

4. Bisa Mengganggu Sistem Pencernaan.

Minyak yang terkandung dalam gorengan, akan sulit dicerna oleh lambung. Sehingga apabila anda sering makan gorengan, maka resiko terkena gangguan pencernaan cukup tinggi. Terganggunya sistem pencernaan akan berdampak buruk, anda bisa saja menderita sembelit ataupun diare.

5. Tenggorokan Gatal dan Batuk-batuk

Sering makan gorengan akan menyebabkan batuk-batuk dan tenggorokan gatal. Kandungan minyak yang digunakan untuk menggoreng gorengan, menimbulkan senyawa akrolein. Senyawa akrolein tersebut akan membuat tenggorokan terasa gatal.

6. Memicu Obesitas

Mengkonsumsi gorengan juga bisa memicu obesitas atau kelebihan berat badan. Gorengan merupakan makanan tinggi lemak dan tinggi kalori. Sehingga jika anda sering mengkonsumsi gorengan, bukan tidak mungkin berat badan anda akan naik secara drastis.

Itulah beberapa bahaya gorengan jika kita sering mangonsumsinya secara berlebih. Ada baiknya, kita mengkonsumsi gorengan sewajarnya. Juga disarankan untuk membuat gorengan sendiri dirumah dengan bahan-bahan higienis. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -