Bahaya Motor Injeksi Kehabisan Bensin Beserta Langkah Penanganannya

Bahaya Motor Injeksi Kehabisan Bensin
Ilustrasi Bahaya Motor Injeksi Kehabisan Bensin. Foto: Istimewa

Bahaya motor injeksi kehabisan bensin harus diwaspadai. Apalagi saat ini pengguna motor injeksi sudah semakin membludak.

Seperti yang kita tahu, di tahun 2019 ini sudah banyak motor keluaran terbaru yang menerapkan sistem injeksi. Bukan tanpa alasan.

Motor injeksi terbukti lebih irit bahan bakar jika dibandingkan dengan tipe motor berkaburator. Meski irit, bukan berarti tak bisa kehabisan bensin.

Bahaya Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Motor injeksi menggunakan bahan bakar berupa bensin. Selama penggunaan, motor ini terbilang mudah dirawat sehingga memperpanjang usia pakainya.

Namun perawatan tersebut harus diimbangi dengan pengisian bensin yang sesuai. Pasalnya, ada efek samping yang ditimbulkan jika motor injeksi minim pengisian apalagi sampai kehabisan bensin.

Adapun bahaya motor injeksi kehabisan bensin berdampak pada kerusakan fuel pump atau pompa bahan bakarnya. Perlu untuk anda ketahui, motor injeksi memasok bahan bakar dengan bantuan pemompaan dinamo.

Agar berfungsi sebagaimana mestinya, komponen ini perlu pendingin yang didapatkan melalui bahan bakar. Oleh karena itu, apabila tangki bensin kosong akan sangat mempengaruhinya.

Komponen ini tak akan lagi mendapatkan pendingin sehingga kinerjanya akan terlalu dipaksakan. Kejadian berulang akan memperburuk dan pasti menyebabkan kerusakan di bagian ini.

Mau tidak mau anda pun harus mengganti fuel pump dengan yang baru. Maka dari itu, jika anda tak mau keluar banyak uang, anda harus selalu memperhatikan isi tangki bensinnya. Segera isi bensin jika ternyata sudah mau habis.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Setelah anda tahu apa bahaya motor injeksi kehabisan bensin, anda juga perlu mengetahui langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Jika anda kehabisan bensin saat di tengah perjalanan, maka anda perlu mencari tempat yang aman untuk menepi dan mencari bensin.

Anda bisa isi bensin sampai penuh atau hanya satu liter saja. Hal ini tidak jadi masalah. Namun yang harus anda perhatikan yaitu jangan langsung menyalakan motor setelah diisi.

Dalam hal ini, anda cukup memutar kunci kotak dari posisi Off ke On terlebih dahulu. Kemudian tunggulah sampai suara fuel pump mati.

Setelah itu, putar ke posisi Off lagi dan On-kan kembali. Lakukan cara ini sebanyak 5 kali. Jangan ragu untuk melakukannya karena ada alasan penting yang juga akan kami bahas pada kesempatan kali ini.

Langkah penanganan bahaya motor injeksi kehabisan bensin ini dinilai tepat untuk dilakukan agar fuel pump bisa menghisap bensin terlebih dahulu. Disamping itu, angin palsu yang ada di dalamnya juga bisa terbuang.

Jika anda memaksakan diri untuk langsung menyalakan motor, biasanya motor injeksi tak mau hidup. Sekalinya nyala, motor malah brebet.

Maka dari itu, pastikan anda memahami dan mempraktekkan langkah di atas. Apabila motor injeksi anda masih ada kick starter, maka boleh diengkol. Akan tetapi tidak jika ada, anda bisa langsung memencet starternya.

Perawatan Motor Injeksi Agar Tak Mudah Bermasalah

Dari penjelasan bahaya motor injeksi kehabisan bensin lengkap dengan cara menanganinya, anda sama saja telah bersinggungan dengan perawatannya.

Selain mencegah motor injeksi kehabisan bensin, perawatan juga bisa dilakukan dengan membersihkan sistem injeksinya.

Perawatan ini bisa memberikan hasil yang memuaskan apabila anda membawanya ke tempat servis terpercaya. Lakukan secara rutin agar performanya tetap tangguh.

Namun jika anda sudah paham betul dengan sistem injeksi dan semua komponen yang terkait, tak ada salahnya apabila anda terjun langsung untuk menanganinya.

Dalam membersihkan sistem injeksi, anda bisa memanfaatkan injector cleaner. Pembersih yang satu ini akan membasmi semua karat dan kotoran yang ada di dalam sistem injeksi.

Karat itu sendiri bisa muncul karena bagian tangki motor injeksi lama tak terendam bensin, entah itu karena kehabisan bensin atau hanya terisi sedikit.

Jika karat tak segera diatasi, maka akan menyebabkan sistem injeksi bermasalah. Lebih parahnya lagi, karat akan mengikis komponen ini sehingga harus diganti dengan yang baru.

Bagi anda yang peduli dengan motor injeksi kesayangan, pastikan anda cermati bahaya motor injeksi kehabisan bensin. Setelah itu, ikuti langkah penanganan dan perawatannya dengan baik. (R10/HR-Online)

Loading...