Baznas Ciamis Raih Penghargaan Terbaik Pengelolaan SIMBA

Penghargaan Baznas Ciamis
Pemberian penghargaan Baznas Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Baznas Ciamis mendapat penghargaan terbaik penggunaan Sistem Informasi Manajemen Baznas (Simba) tingkat Jawa Barat tahun 2019.

Penghargaan diberikan kepada Ketua Umum Baznas Ciamis, KH Saeful Ujun di Bandung, dalam acara Baznas Award tingkat Jawa Barat, Senin (02/12/2019) malam.

Selain mendapat penghargaan terbaik ke satu Simba, Baznas Kabupaten Ciamis juga menjadi juara ke 2 penghimpunan zakat dan juara stand Baznas.

Ketua Umum Baznas Kabupaten Ciamis, Drs KH Saeful Ujun, mengaku bersyukur, Baznas Ciamis bisa meraih penghargaan terbaik penggunaan aplikasi Simba. Menurut dia, sejak tahun lalu memang Baznas Ciamis menjadi baznas paling aktif se Indonesia.

“Dengan penghargaan ini, kami makin terpacu dalam meningkatkan kinerja dan menjaga transparansi,” ujarnya.

Saeful Ujun mengungkapkan, penghargaan ini merupakan apresiasi dari Baznas Provinsi berkat hasil kerja keras pengurus Baznas Ciamis dalam meningkatkan kinerja. Kinerja tersebut dalam rangka mengoptimalkan perhimpunan Zakat, Infaq dan Shodaqoh di Kabupaten Ciamis.

“Tahun 2019 ini, zakat, infak dan sodaqoh yang terhimpun mencapai sekitar Rp. 5 sampai 6 miliar. Ada kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp. 4,5 miliar,” katanya.

Lebih lanjut, Saeful Ujun menuturkan, potensi Zakat, Infaq dan Shodaqoh di Kabupaten Ciamis cukup tinggi. Sayangnya, masih banyak pengusaha-pengusaha yang belum menunaikan Zakat, Infaq dan Shodaqoh melalui Baznas. 

“Perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah supaya para pengusaha di Ciamis sadar Zakat,” katanya.

Selain itu, Saful Ujun juga menyoal zakat dari kalangan PNS. Menurutnya, saat ini baru sekitar 47 persen PNS yang menunaikan zakatnya lewat Baznas. Kedepan, pihaknya berharap semua PNS lingkup Pemkab menyerahkan zakat profesinya lewat Baznas.

“Karena ketentuanya sudah ada dan diatur dalam Perda nomor 13 tahun 2016 tentang pengelolaan zakat. Tinggal menunggu Perbupnya saja, insyaallah tahun depan penghimpunan ZIS akan semakin meningkat,” jelasnya. (Jujang/Koran HR)

Loading...