Belajar Tata Kelola Bumdes, Mahasiswa STISIP BP Studi ke Bumdes Mekarpratama Kota Banjar

Bumdes Mekarpratama
Studi Banding mahasiswa STISIP Bina Putera Kota Banjar ke Bumdes Mekarpratama. Foto; Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (STISIP) Bina Putera Kota Banjar, Jawa Barat, mengadakan studi lapangan dengan mengunjungi Bumdes Mekarpratama, Desa Mekarharja, Kamis (12/12/19). Studi lapangan diikuti perwakilan mahasiswa ilmu pemerintahan dan ilmu administrasi bisnis.

Dosen pendamping lapangan STISIP Bina Putera Kota Banjar, Sidik Firmadi, mengatakan, kunjungan studi tersebut sebagai upaya pembelajaran bagi mahasiswa dalam mengenal tata kelola Badan Usaha dan pemerintahan desa.

“Bumdes Mekarpratama merupakan Bumdes berprestasi di tingkat Provinsi. Untuk itu mahasiswa STISIP, kami ajak belajar pengelolaan dan pengembangan manajemen badan usaha dan tata pemerintahan desa,” kata Sidik kepada HR Online.

Sebagai generasi masa depan, lanjut Sidik, diharapkan melalui pengalaman yang didapat mahasiswa mampu menerapkan ilmu untuk membantu kemajuan Bumdes di lingkungan pemerintahan desa masing-masing.

Sementara Kepala Desa Mekarharja, Hendi Sumantri didampingi Dir Bumdes Mekarpratama, Angga Duriat dalam agenda kunjungan studi tersebut menyampaikan, tata kelola manajemen, perencanaan dan pemetaan potensi untuk mengembangkan Bumdes.

Menurutnya, kemajuan Badan Usaha tidak cukup dari tata kelola manajemen saja, tapi juga perlu ada dukungan dari pihak lain utamanya dari lembaga desa dan masyarakat sebagai mitra pemerintahan desa.

“Harus ada kerjasama dan saling sinergi dengan semua pihak untuk memajukan sebuah Badan Usaha,” pungkasnya. (Muhlisin/R7/HR-Online) 

Loading...