Bendungan Cibulan Ciamis Tak Bisa Lagi Menampung Air, Ini Alasannya

Bendungan Cibulan
Bendungan Cibulan di Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis mengering dan tertutup tanah sedimen. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bendungan Cibulan di Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sudah lama kering dan tak bisa lagi jadi tempat penampungan air.

Hal itu terjadi lantaran Bendungan Cibulan tertutup tanah sedimen. Warga pun berharap, menjelang musim penghujan, tanah sedimen yang menghalangi bendungan sudah bersih.

Ade, warga sekitar, mengatakan, ketika bendungan masih dapat menampung air, setiap harinya di bibir sungai selalu ramai dipadati pemancing.

“Setelah tertutup sedimen dan tidak ada airnya, jangankan dijadikan lokasi untuk memancing, air untuk kebutuhan bertani saja sulit,” kata Ade kepada HR Online, Kamis (5/12/2019).

Selain karena dampak musim kemarau, akibat tertutupi tanah sedimen, bendungan tidak lagi berfungi sebagai tempat menampung air.

Ade berharap, menjelang musim penghujan, tanah sedimen tersebut sudah tidak ada. Sebab, selama sedimen belum dibersihkan, maka Bendungan tersebut tetap akan kering kerontang.

“Ujung-ujungnya akan berdampak pada kesulitan air,:” kata Ade singkat.

Hal senada diungkapkan Dian, Kaur Ekbang Desa Gereba. Dia membenarkan Bendungan Cibulan tertutup tanah sedimen.

“Kami dari Pemerintah Desa sendiri sudah mengusulkan pengerukan di Bendungan ini ke Dinas terkait, dengan harapan dalam waktu dekat sedimen yang menutupi bendungan dapat dibersihkan,” kata Dian.

Dian berharap,  sebelum masuk musim penghujan, Bendungan Cibulan sudah bersih dari tanah sedimen yang menutupi bendungan.

“Mudah-mudahan sudah bersih dari tanah yang menutupi bendungan, sebelum datang musim penghujan,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...