BSMSS TNI di Pangandaran Ditutup, Jalan Cikubang-Ciawi Selesai Dibangun

BSMSS TNI
Penutupan kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) TNI AD tahun 2019 di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Kamis (5/12/2019). Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),–  Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) TNI AD tahun 2019 di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, resmi ditutup, Kamis (5/12/2019).

Dari kegiatan tersebut, Prajurit TNI, Pemerintah Daerah dan warga, telah berhasil menyelesaikan pembangunan jalan Cikubang-Ciawi Desa Cintakarya, sepanjang 200 meter dengan lebar 2,5 meter.

Dandim 0613 Ciamis dalam sambutan yang disampaikan oleh Pabung Banjar-Pangandaran, Mayor Czi Budi A, menyampaikan rasa syukur,  program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa di wilayah Kabupaten Pangandaran dari tahun ke tahun, mengalami peningkatan dan manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Pembangunan fisik dan non fisik telah dapat mendorong perkembangan desa secara umum, semula pencapaian ini tentunya karena ada dukungan penuh dari pemerintah daerah dan segenap elemen masyarakat di Desa Cintakarya,” katanya.

Atas nama Dandim 0613 Ciamis juga selaku penanggung jawab keberhasilan oprasional, dirinya Mayor Budi menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah daerah dan Provinsi. Begitupun kepada semua instansi dan berbagai elemen masyarakat dan seluruh prajurit TNI sehingga penyelenggaraan program tersebut berjalan dengan sukses.

“Kebersamaan ini hendaknya terus kita pelihara agar dapat semakin menumbuhkan sikap saling pengertian dan semangat kerjasama antara TNI, pemerintah daerah dan segenap elemen masyarakat, khususnya di wilayah Desa Cintakarya, sehingga tujuan pembangunan nasional yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat benar-benar dapat terlaksana,” lanjutnya.

Berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan program Bhakti Siliwangi Membangun Satata Sariksa di wilayah Kodim 0613 Ciamis menunjukan hasil yang semakin positif. Bahkan, kata dia, dapat melebihi pencapaian target kegiatan pokok termasuk dalam efisiensi pembiayaan.

“Keberhasilan ini dapat kita raih tentunya berkat adanya sinergitas dan ikatan kebersamaan serta adanya dukungan swadaya masyarakat yang sangat tinggi sehingga progran BSMSS menjadi salah satu program penting dalam konteks pembangunan nasional kita,” katanya.

Dengan berakhirnya program BSMSS Tahun 2019 di wilyah Kabupaten Pangandaran, dirinya berharap mekanisme pembangunan melalui modal kemanunggalan program BSMSS tetap dipelihara dan dijadikan salah satu modal dasar masyarakat dalam rangka melaksanakan pembangunan di kawasan pedesaan.

Sementara Bupati Pangandaran dalam sambutan yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Irwansyah, menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0613 Ciamis yang telah melaksanakan kegiatan BSMSS ini.

TCL

Program yang merupakan amanah dari Kodam III/Siliwangi  ke Kodim 0613/Ciamis itu dapat terlaksana atas kerja sama yang baik dengan Pemda Kabupaten Pangandaran

“Alhamdulillah, dapat berjalan dengan lancar. Pembangunan jalan rabat beton sepanjang 200 m dan lebar 2,5 m selesai dibangun. Kabupaten Pangandaran juga sedang gencar-gencarnya melaksanakan pembangunan dari berbagai infrastruktur yang sedang digenjot untuk mencapai target dari mulai jalan, dan pembangunan yang lainnya,” katanya.

Ke depan masih banyak program-program dari daerah sampai pusat yang akan dilaksanakan. Seperti akses jalan tol dari mulai Gedebage, Garut, Tasik, Ciamis, Banjar sampai Kalipucang dan tembus ke Cilacap.

“Itu yang menjadi salah satu pemicu nanti akan banyaknya kunjungan wisata yang akan datang ke Pangandaran dari Bandung Jakarta yang bisa di tempuh beberapa jam saja,” lanjutnya.

Perpanjangan lapang pacu lanus Nusawiru, peresmian pelabuhan nusantara di Bojongsalawe, proyek pembangunan jalur kereta api Banjar Pangandaran, serta nanti bulan Januari 2020 RSUD Kabupaten Pangandaran akan diresmikan.

“Itu semua merupakan langkah pembangunan yang tengah dilakukan oleh Pemkab Pangandaran,” pungkasnya. (Enceng/R7/HR-Online)

Loading...