Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita CiamisBukan Karena Adipura, Armada Sampah di Ciamis Ditambah

Bukan Karena Adipura, Armada Sampah di Ciamis Ditambah

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sebanyak 14 armada sampah dan 6 kontainer sampah didatangkan Pemkab Ciamis, Jum’at (27/12/2019). Penambahan armada sampah di Ciamis ini bukti Pemkab cukup serius dalam penanganan sampah yang dianggap penting.

Dari 14 armada sampah tersebut, 1 unit merupakan amrol truk, sementara 2 unit lainnya berupa dump truck. Ada juga 5 unit motor roda tiga yang datang dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain itu, ada juga armada berasal dari bantuan Provinsi Jawa Barat, terdiri dari 5 unit motor roda tiga dan 1 unit pick up carry. Terakhir ada 6 unit kontainer sampah.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyerahkan langsung ke-14 armada dan 6 kontainer sampah tersebut di halaman Pendopo Bupati, ketika selesai apel pagi.

Penyerahan dilakukan kepada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis.

“Bertambahnya armada sampah di Ciamis, bukti kita serius menangani sampah. Sengaja dibuat acara seperti ini agar para ASN membantu menyosialisasikan kepada masyarakat. Tujuannya warga Ciamis tidak lagi membuang sampah secara sembarangan,” ujar Herdiat, usai menyerahkan armada sampah.

Menurutnya, masalah sampah perlu ditangani sejak awal. Bila saat ini tak bisa tertangani, maka bisa dibayangkan dalam 10 tahun yang akan datang sampah bakal menumpuk.

Herdiat bahkan membandingkannya dengan kota-kota besar. Jika sudah begitu, maka akan sulit dalam upaya penanganan sampah.

“Karena itu, kita berbenah dari sekarang. Walaupun sampai saat ini sampah di Ciamis masih bisa ditangani dengan baik. Apalagi jika kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah bertambah,” kata Herdiat.

Ingin Mewujudkan Ciamis Bersih dan Sehat

Herdiat menegaskan, pihaknya bercita-cita mewujudkan Ciamis bersih dan sehat. Bahkan, dengan lugas Herdiat mengaku upaya mewujudkan Ciamis bersih dan sehat sama sekali bukan karena latar belakang ingin meraih Adipura.

“Tidak masalah, apakah mendapat Adipura atau tidak. Sampah harus ditangani dengan baik. Bukan untuk gelar atau penghargaan, tapi karena kebersihan itu sudah jadi kebutuhan. Pokoknya kami, Pemkab Ciamis sangat serius dalam hal sampah ini,” tegas Herdiat.

Selain itu, Herdiat juga berpesan kepada anggota pasukan ungu, yakni para petugas kebersihan supaya tambah rajin dalam melaksanakan tugas, terutama saat membersihkan jalanan juga taman kota.

Bahkan Herdiat juga menyebut tugas yang dijalankan para petugas kebersihan tersebut bagian dari ibadah. Herdiat ingin PNS Ciamis jadi yang pertama dalam hal kebersihan, lalu menjadi contoh untuk masyarakat.

Armada Sampah di Ciamis Sebagian Akan Diserahkan ke Bank Sampah

Ditambahkan Erwan Darmawan, Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis, sampah dari rumah-rumah di Ciamis per hari mencapai 120 ton. Saking banyaknya, Erwan mengaku sampah sebanyak itu belum tertangani dengan maksimal.

Upaya yang dilakukan Dinasnya adalah mendirikan sebanyak mungkin bank sampah. Erwan bahkan mengakui jika keberadaan bang sampah sangat membantu dalam menangani sampah di Ciamis.

Karena itu, kata dia.. armada baru akan diserahkan ke bank sampah sebagian. Sebagian lainnya akan digunakan untuk penangangan sampah mobile dan sisanya untuk operasi UPTD.

“Kita sangat dukung keberadaan bank sampah, pengaruhnya signifikan dalam penangan sampah di Ciamis. Namun, bukan hanya bank sampah. Masyarakat juga diharapkan lebih peduli untuk mengurai sampah, sehingga bukan sekedar membuang sampah pada tempatnya saja,” kata Erwan. (Fahmi2/R7/HR-Online)

- Advertisment -