Bulan Tidak Mengorbit Bumi? Banyak Hal Mengerikan Akan Terjadi

bulan tidak mengorbit bumi
Bulan tidak mengorbit Bumi, banyak hal mengerikan akan terjadi. Foto: Ist/Net

Bulan tidak mengorbit Bumi, tentu saja jika hal tersebut terjadi akan terjadi beberapa dampak buruk yang dirasakan Bumi.

Bulan sangat berpengaruh bagi kehidupan di muka Bumi ini. Bulan merupakan teman kosmik yang paling dekat dengan Bumi. Planet kita telah melakukan ribuan evolusi dengan bulan dalam berbagai hal.

Efek Mengerikan Akan Terjadi Jika Bulan Tidak Mengorbit Bumi

Pada malam hari, Bumi disinari oleh pantulan cahaya bulan yang berasal dari matahari. Karena bulan sendiri tidak dapat bercahaya.

Jika bulan tidak mengorbit Bumi, tentu saja saat malam akan gelap gulita. Namun hal ini akan sangat bermanfaat bagi para pengamat langit.

Saat mengamati situasi langit pada malam hari tidak akan terhalang oleh sinar bulan. Benda langit dapat terlihat dengan jelas tanpa ada halangan.

Keberadaan bulan ini juga sangat berpengaruh terhadap rotasi Bumi. Dengan gaya gravitasi dari bulan, rotasi Bumi dapat ditahan sehingga tidak melaju dengan cepat.

Rotasi Bumi yang cepat akan mempengaruhi waktu siang dan malam. Waktu siang ataupun malam akan semakin singkat pula.

Pola cuaca di Bumi tidak beraturan tanpa bulan. Poros Bumi yang tidak stabil akan menimbulkan perubahan ekstrem.

Fase bulan akan mempengaruhi curah hujan suatu wilayah. Jika bulan tidak ada, maka curah hujan akan tinggi atau lebih banyak.

Bumi berputar pada porosnya sendiri selain mengelilingi matahari. Rotasi Bumi agak miring dari porosnya disebabkan berdasarkan pembentukannya pada 4,5 miliar tahun silam.

Versi awal Bumi berubah poros rotasinya akibat bertabrakan dengan planet lain. Adanya bulan dapat menstabilkan kondisi ini.

Jika bulan tidak mengorbit Bumi, maka para ahli memprediksi jika Bumi akan miring hingga 85 derajat. Ada pula yang berasumsi kemiringan dapat mencapai 20 derajat.

Bulan Tidak Mengorbit Bumi, Magnetosfer Mati

Magnetosfer atau medan magnet Bumi merupakah hal yang penting untuk kehidupan di planet ini. Medan magnet tersebut akan melindungi Bumi dari badai matahari.

Selain itu, medan magnet Bumi mampu menghadang bombardir radiasi kosmik dan matahari yang sangat berbahaya.

Gravitasi bulan sangat berpengaruh untuk meratakan dan meregangkan lapisan bagian dalam Bumi. Sehingga akan menimbulkan energi untuk membuat inti Bumi stabil panas dan bergerak.

Jika bulan tidak mengorbit Bumi, maka Bumi akan memadat dan berhenti bergerak. Kemudian medan magnet Bumi akan sirna dan atmosfer Bumi akan dilahap matahari.

Atmosfer sangat berguna untuk menyimpan air. Tanpa adanya atmosfer tersebut, air akan menguap dan mengubah Bumi menjadi kering serta tandus seperti gurun.

Tanpa adanya bulan, sejumlah asteroid besar dan juga benda asing yang berada di luar angkasa akan menghantam Bumi.

Stabilitas poros Bumi tersedia berkat bulan. Tarikan gravitasi bulan akan membantu konsentrasi garam yang cukup pada air laut.

Proses kimiawi yang terjadi di laut akan terus tumbuh. Akibat bulan yang dapat mengendalikan pasang surut air laut.

Bulan bekerja sama dengan matahari secara tidak langsung akan meningkatkan dan mengurangi tingkatan lautan dalam keseharian.

Gelombang pasang terjadi saat bulan mengelilingi Bumi dan gravitasi Bumi sebelumnya menarik lautan ke arah bulan.

Jadi, semakin dekat jarak bulan dengan Bumi, maka ombak akan semakin tinggi pula. Pasang surutnya air laut akan menyusut hingga sepertiga dari ukuran laut.

Selain itu, samudera juga  akan menjadi tenang. Tidak bisa dibayangkan apabila bulan tidak mengorbit Bumi.

Bulan Mengorbit Bumi Akibat Daya Gravitasi

Bulan mengitari Bumi karena daya tarikan gravitasi yang lebih besar. Kekuatan gravitasi ini juga tidak hanya dipengaruhi oleh massa benda, namun juga tergantung pada jaraknya.

Namun, hal tersebut tidak berpengaruh dalam kasus antara matahari, Bumi dan bulan. Daripada jarak antara Bumi dan bulan, jarak matahari lebih jauh 400 kali. Massa matahari 330.000 kali lebih masif bila dibandingkan dengan massa Bumi.

Hukum Newton dapat digunakan untuk perhitungan meskipun matahari berjarak lebih jauh, namun gravitasi matahari menarik bulan dua kali lebih kuat daripada gravitasi Bumi.

Bulan juga ikut mengitari matahari, meskipun kelihatannya tidak mengorbit matahari secara langsung.

Bumi terus bergerak mengelilingi matahari, sementara bulan mengelilingi Bumi. Saat Bumi mengelilingi matahari itulah bulan juga ikut mengitarinya. Jika bulan tidak mengorbit Bumi, maka akan terjadi beberapa efek buruk bagi Bumi. (R10/HR-Online)