Bupati Herdiat; Petugas Damkar Ciamis Harus Punya Keahlian Khusus

Petugas pemadam kebakaran (damkar) harus mempunyai keahlian khusus di bidangnya, termasuk dalam mengoperasikan kendaraan armada mobil damkar.
Petugas pemadam kebakaran (damkar) harus mempunyai keahlian khusus di bidangnya, termasuk dalam mengoperasikan kendaraan armada mobil damkar. Foto: Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Petugas pemadam kebakaran (damkar) di Kabupaten Ciamis harus mempunyai keahlian khusus di bidangnya, termasuk dalam mengoperasikan kendaraan armada mobil damkar.

Hal itu ditegaskan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, kepada HR Online, Minggu (15/12/2019), terkait dengan adanya penambahan mobil damkar yang baru, dan mobil tanki sebagai mobil suplai air.

“Saya minta untuk operator di mobil damkar yang baru, orang-orangnya terlebih dahulu harus mengikuti kursus supaya ahli. Jangan sampai hanya sebatas bisa, karena itu bisa membahayakan jika tidak ahli di bidangnya,” katanya.

Apabila operator tidak ahli, lanjut Herdiat, misalkan ada kajadian kebakaran tidak tahu cara mengoperasikan, maka itu sangat berbahaya. Sebab, menangani kebakaran bukan pekerjaan mudah.

Selain itu, petugas damkar harus memiliki keahlian khusus karena tugasnya bukan hanya memadamkan api, karena bisa saja masyarakat juga meminta pertolongan dalam mengusir binatang buas seperti ular, atau pembasmian sarang tawon.

“Untuk mobil damkar yang dimiliki Kabupaten Ciamis saat ini, setelah datang tiga yang baru maka jumlahnya sekarang menjadi lima unit mobil damkar, dan nanti mobil tersebut akan disimpan di lima eks kewadanaan, seperti di Banjarsari, Rancah, Kawali, Panumbangan, dan Kecamatan Ciamis,” jelas Herdiat.

Untuk menyimpan kendaraan damkar, pihaknya akan membuat garasi khusus di lima kecamatan tersebut. Karena tidak hanya mobil damkar saja, tetapi ada mobil tangki sebagai mobil suplai air yang nantinya mengikuti. (ES/R3/HR-Online)