Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaArtikelCara Agar Ban Motor Tetap Awet, Perhatikan Baik-baik!

Cara Agar Ban Motor Tetap Awet, Perhatikan Baik-baik!

Cara agar ban motor tetap awet tak boleh dilewatkan oleh setiap pemilik motor. Tak bisa dipungkiri bahwa ban yang awet digunakan tentu akan lebih menghemat pengeluaran.

Bukan rahasia lagi jika ban memiliki umur pakai. Namun seringkali ban sudah mengalami kerusakan jauh sebelum batasan waktunya.

Kerusakan ban ini sendiri bisa disebabkan dari cara mengendarai motor yang kurang baik. Dikarenakan mengalami kerusakan, maka mau tak mau anda harus menggantinya dengan ban baru.

Cara Agar Ban Motor Tetap Awet

Agar lebih irit pengeluaran dan tetap aman digunakan, pastikan anda pahami apa saja cara merawat ban motor supaya awet digunakan. Berikut beberapa caranya.

Isi Angin Ban dengan Nitrogen

Salah satu cara merawat ban motor agar awet yaitu mengisi angin ban dengan nitrogen. Tak ada salahnya anda mencoba cara ini karena nyatanya bisa meredam panas dengan baik.

Dengan nitrogen, maka tekanan angin di dalam ban bisa tetap ideal. Untuk diketahui, gas nitrogen (N2) lebih besar daripada gas oksigen (O2).

Penggunaan nitrogen memungkinkan ban motor bisa terhindar dari resiko bocor atau kempes. Tekanan gas yang ada di dalam ban motor tak akan berkurang berkat nitrogen.

Bersihkan Ban

Selain menggunakan nitrogen untuk isi angin, ban juga bisa awet apabila anda rutin membersihkannya. Cara agar ban motor tetap awet ini bisa anda lakukan dengan memanfaatkan sikat dan air sabun.

Caranya, anda basahi dulu ban motornya dengan air sabun. Setelah itu, sikat sampai semua kotorannya hilang, termasuk pasir dan kerikil.

Perlu untuk anda ketahui, kotoran yang menempel di ban bisa mengganggu performa motor. Selain itu, kotoran ini juga bisa membuat ban menjadi mudah bocor.

Pakai Ban yang Ukurannya Sesuai

Ban motor juga bisa lebih panjang usia pakainya apabila anda menggunakan ukuran yang sesuai. Dalam hal ini, gunakan ukuran ban dalam maupun ban luar yang dianjurkan pabrikan motor. Begitupun dengan ukuran velg.

Setiap pabrikan motor pastinya sudah memperhitungkan ukuran ban yang sesuai untuk diterapkan. Apabila anda mengabaikannya, maka akan sangat membahayakan perjalanan anda.

Disamping itu, menggunakan ban yang ukurannya tak sesuai juga akan merusak komponen motor lainnya. Hal ini jelas merugikan anda.

Hindari Parkir di Tempat Terbuka

Parkir juga tak lepas dari pembahasan cara agar ban motor tetap awet. Agar ban tak mudah rusak, pastikan anda memperhatikan tempat parkirnya.

Anda jangan sembarangan dalam memarkir motor. Akan lebih baik jika anda menghindari parkir di tempat yang terbuka. Dimana tempat ini terkena paparan sinar matahari secara langsung seharian.

Ban motor yang sering terpapar cahaya matahari akan membuatnya mengeras. Dengan begitu, ban akan lebih mudah retak, robek, dan rusak.

Beban Motor

Beban motor penting untuk diperhatikan agar ban tetap awet digunakan. Dalam hal ini, pastikan motor tak digunakan untuk mengangkut beban muatan yang melebihi kapasitasnya.

Jika hal tersebut tetap dipaksakan, maka ban motor akan lebih cepat botak. Kondisi ini akan menyebabkan ban lebih mudah retak dan pecah. Maka dari itu, jangan sepelekan cara ini.

Komponen Roda

Keawetan ban juga bisa diperhatikan dari komponen rodanya. Maka dari itu, anda harus mengecek komponen rodanya setiap saat.

Apabila ada goyangan pada komponen rodanya, maka anda harus segera memperbaikinya. Dengan cara ini, anda bisa menghindari keausan ban yang tak merata.

Cara Agar Ban Motor Tetap Awet Perhatikan Cara Berkendara

Seperti yang sudah disinggung di atas, cara berkendara juga bisa mempengaruhi usia pakai ban. Agar ban motor tetap awet, pastikan anda menghindari jalan yang berlubang.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan cara pengeremannya. Anda jangan suka melakukan rem mendadak karena akan membuat kinerja ban menjadi lebih ekstra.

Dengan anda menerapkan cara ini, maka ban anda tak akan cepat tipis. Ban motor pun tetap aman dan nyaman digunakan untuk menempuh perjalanan.

Beberapa cara agar ban motor tetap awet di atas sangat penting untuk diperhatikan. Ban yang selalu dalam kondisi prima akan membuat perjalanan terasa aman, nyaman, dan menyenangkan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img