Cara Cek Lulus Administrasi CPNS 2019, Sudah Tahu?

Cara Cek Lulus Administrasi CPNS 2019
Ilustrasi cara cek lulus administrasi CPNS 2019. Foto: Ist/Net

Cara cek lulus administrasi CPNS 2019 dibuka oleh Muhammad Ridwan, kepala Biro Humas BKN pada sesi Q n A di channel Youtube BKN beberapa waktu lalu.

Beberapa instansi sudah melakukan penutupan pendaftaran CPNS 2019. Meski demikian, masih ada instansi yang membuka pendaftaran bahkan sampai 7 Desember 2019.

Bagi Anda yang sudah berhasil menyelesaikan tahapan pendaftaran CPNS 2019 secara online atau sudah submit di portal SSCASN BKN GO ID, Anda mungkin sedang was-was menanti pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2019.

Lantaran jadwal penutupan pendaftarannya tidak serentak, maka pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2019 di sejumlah instansi pun tidak dilakukan bersamaan.

Saat ini beberapa instansi masih melakukan verifikasi data yang masuk, sampai nanti hasil seleksi administrasi keluar. Karena itu, Anda bisa lebih dahulu tahu informasi terkait cara cek lulus administrasi CPNS 2019.

Caranya ternyata cukup simple, Anda bisa mengecek lolos atau tidaknya seleksi administrasi CPNS 2019 dengan cara login di situs SSCASN.

Namun, tidak sembarangan login, hanya pada waktu tertentu saja bisa login untuk mengecek lulus atau tidaknya seleksi administrasi CPNS 2019.

Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengetahui lolos seleksi administrasi CPNS 2019, Anda bisa mengeceknya di situs resmi instansi Kementerian/Lembaga maupun Pemda yang Anda lamar.

Saat Anda login di Situs SSCASN pada waktu yang telah ditentukan oleh instansi yang Anda lamar, jika lolos, maka akan ada kalimat, ‘Selamat Anda Lulus’.

Sementara jika sebaliknya Anda tidak lulus, Anda akan membaca kalimat, ‘Maaf Anda Tidak Lulus’ pada akun SSCASN Anda. Jika dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi CPNS 2019, Anda juga akan diberitahu alasannya.

Bagi Anda yang hasil seleksi administrasi CPNS 2019 dinyatakan lulus, maka Anda juga akan mendafatkan jadwal terkait jam seleksi.

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencetak kartu jadwal seleksi CPNS 2019. Pada kartu tersebut akan dicantumkan sesi seleksi CPNS yang harus Anda ikuti. Misalnya sesi ke-5, pada tanggal 2 Februari 2020, lengkap dengan jamnya.

Cara Cek Lulus Administrasi CPNS 2019 Lainnya

Selain login pada situs SSCASN, Anda juga bisa mengetahui lulus seleksi administrasi CPNS 2019 dengan melihat pengumumannya di situs instansi yang Anda lamar.

Dalam hal ini, BKN menyatakan sudah meminta instansi agar menyediakan informasi kelulusan seleksi administrasi CPNS 2019 di situsnya masing-masing maupun di media sosial resminya.

Hal yang perlu diperhatikan oleh para pelamar CPNS 2019 yang ingin mengetahui lulus atau tidaknya seleksi administrasi CPNS 2019, adalah jangan sampai login berulang kali di situs SSCASN.

Itu berlaku dari 15 Desember sampai 20 Desember 2019. Hal itu karena pada tanggal-tanggal tersebut, para administrator dari instansi-instansi sedang sibuk melakukan verifikasi data pelamar yang masuk.

Itulah cara cek lulus administrasi CPNS 2019. Lalu bagaimana dengan Anda yang belum mendaftar?

Jangan khawatir, karena ada beberapa instansi yang masih membuka pendaftaran CPNS 2019. Bahkan ada instansi yang menutup pendaftarannya pada 7 Desember 2019 mendatang. Instansi mana saja?

BKN mencatat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme akan menutup pendaftaran CPNS pada 5 Desember 2019.

Bagi Anda yang berminat melamar CPNS ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sekarang dipimpin Nadiem Makarim bisa melakukan pendaftaran online sampai 6 Desember 2019.

Bukan hanya Kemendikbud saja, namun Kementerian Riset dan Teknologi juga akan melakukan penutupan pendaftaran pada hari Jum’at mendatang, tepat pukul 23.59 WIB.

Lalu instansi mana yang membuka pendaftaran sampai 7 Desember 2019 mendatang? Anda yang ingin mendaftar CPNS 2019 bisa memilih Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menutup pendaftarannya pada Sabtu, (7/12/2019).

Untuk lebih jelasnya terkait jadwal penutupan pendaftaran CPNS 2019 untuk instansi-instansi di atas Anda bisa mengeceknya di situs resmi instansi tersebut. Masih ada waktu untuk mendaftar, siapa tahu formasi CPNS 2019 di instansi tersebut jadi milik Anda.

Sementara bagi yang ingin tahu cara cek lulus administrasi CPNS 2019 bisa mengunjungi situs resmi instansi yang dilamar maupun media sosialnya. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...