Cara Kerja Rem ABS pada Mobil saat Musim Hujan

Cara Kerja Rem ABS pada Mobil saat Musim Hujan

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Cara kerja rem ABS. Produk mobil ataupun sepeda motor terbaru pastinya memiliki sistem ABS yang digunakan untuk pengeremannya.

Fungsi rem ABS ini sangatlah berguna untuk menambah daya cengkram, sehingga membuat pengereman menjadi bagus pada bagian roda depan ataupun belakang.

Namun, apakah Anda mengetahui bagaimana cara kerja rem ABS pada musim hujan? Pastinya pada saat musim hujan tiba kendala yang paling sering terjadi adalah di sektor performa pengereman.

Maka dari itu dengan adanya sarana rem ABS ini bisa membantu pengendara dalam mengendalikan sistem pengereman secara tepat dan optimal.

Fungsi Rem ABS

Teknologi pengereman ABS pada mobil sangatlah berguna pada saat musim hujan tiba. Bukan hanya dari pentingnya rem ABS saja, akan tetapi dari struktur permukaan jalan yang cukup licin pada saat hujan, maka dari itu rem ABS ini dapat mencegah roda mobil terkunci.

Di permukaan jalan yang licin, ketika sensor pengereman ABS mendeteksi gejala roda terkunci karena kondisi ban kehilangan grip, maka dari fungsi sensor kecepatan langsung merespon, sehingga mobil rem ABS akan diteruskan ke ECU mobil.

Cara Kerja Rem ABS

Setelah mendapatkan respon dari bagian sensor pengereman, maka ECU langsung memberi tanggapan ke modul ABS, sehingga terjadilah tekanan rem pada komponen rem mobil.

Tujuan dari cara kerja rem ABS ini adalah supaya komponen rem mobil dan ban bisa kembali mendapatkan gripnya.

Rata-rata pada saat melewati jalanan licin akan ada getaran pada bagian pedal rem, sehingga menjadi pertanda bahwa ada pulse braking.

Dari situlah pulse braking dan tekanan rem selalu memberi tekanan hingga terjadilah pengurangan tekanan dalam waktu yang singkat.

Tips Bagi Pengemudi dan Pendapat Pakar Ahli

Bagi pengemudi mobil dengan sistem pengereman ABS, ada baiknya melakukan pemeriksaan secara rutin. Hal ini sangatlah penting, karena ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi di jalanan licin, bisa mengurangi potensi ban kehilangan grip.

Pengendalian mobil akan jauh lebih mudah, terutama pada saat melaju di kondisi jalanan licin. Karena itulah, pabrikan mobil saat ini telah menghadirkan teknologi pengereman ABS, yang mana bisa mengurangi kecelakaan akibat ban mobil kehilangan grip.

Beberapa pakar di dunia otomotif pun sudah menyadari bahwa ada banyak potensi terbaik dengan adanya sistem pengereman ABS ini. Namun, tidak semua kendaraan, khususnya mobil, memiliki sistem ABS ini.

Karena itulah inovasi dalam pengereman ABS dan ECU selalu menghadirkan harga berbeda di setiap produknya.

Mengenali cara kerja rem ABS pada saat musim hujan telah memberi akses terbuka yang seringkali mendatangkan manfaat terbaik, namun tidak disadari oleh pengemudi mobil. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...