Cara Melihat Gerhana Matahari Cincin Api yang Aman

Cara Melihat Gerhana Matahari Cincin Api yang Aman

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Cara melihat gerhana matahari cincin api yang aman. Pada 26 Desember 2019 nanti masyarakat Indonesia mendapatkan kesempatan langka, yaitu dapat melihat gerhana matahari cincin.

Namun jangan coba-coba Anda melihat langsung, karena sangat berbahaya bagi pengelihatan.

Cara Melihat Gerhana Matahari yang aman;

Wajib Menggunakan Kacamata

Supaya aman melihat gerhana matahari, Anda perlu mengunakan kacamata gerhana. Kacamata gerhana didesain khusus agar dapat memfilter semua spektrum cahaya ultraviolet.

Kacamata yang bisa digunakan untuk melihat gerhana harusnya dapat memfilter hingga 99,99% cahaya. Sehingga yang tersisa hanyalah yang cahaya kuning agak kemerahan.

Perlu Anda ketahui bahwa kacamata las dan film rontgen bukan didesain untuk melihat gerhana. Spektrum cahaya yang difilter oleh keduanya hanya cahaya yang nampak saja. Keduanya tidak memfilter spektrum cahaya ultraviolet.

Kacamata Gerhana

Mendapatkan kacamata gerhana matahari ini sangat mudah, karena sudah banyak orang yang menjualnya di pasaran.

Harganya cukup murah, di marketplace tersedia mulai dari Rp. 18.000,- sampai Rp.20.000,-. Segera pesan sebelum tanggal 26 Desember agar tidak menyesal.

Tapi kalau kehabisan, atau kalau ingin iseng-iseng buat, bisa juga. Bahan yang diperlukan sangat mudah ditemukan. Cara membuat kacamata gerhana matahari pun juga sangat mudah. Berikut ini caranya:

  • Pertama, sediakan bahan, yakni karton, filter matahari, dan double-tape.
  • Kedua. Gambar pola kacamata pada karton. Jangan lupa buat lubangnya. dan berikan ruang yang cukup di sekitar bingkai kaca mata untuk tempat menempelkan double-tape.
  • Ketiga. Gunting karton mengikuti pola tersebut.
  • Keempat. Beri doble-tape pada sekitaran lubang bingkai kacamata
  • Kelima. Gunting filter matahari lebih besa dari ukuran lubang. Pastikan ada tempat yang cukup untuk menempelkan filter matahari tersebut.
  • Keenam. Tempelkan filter matahari tersebut

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, Anda sudah bisa memiliki kacamata gerhana. Namun disarankan saat melihat menggunakan kacamata ini tidak lebih dari 2 menit.

Sebab bila terlalu lama akan tidak baik untuk mata kita. Perlu diketahui bahwa gerhana matahari bisanya berlangsung sekitar 3 menit. Sehingga atur waktu yang tepat untuk melihat gerhana tersebut.

Menguji Kacamata Gerhana

Cara melihat gerhana matahari yang aman sudah dijelaskan di atas dengan menggunakan kaca mata gerhana. Namun sebelum Anda menggunakan kacamata tersebut, lakukan uji coba terlebh dahulu supaya dapat memastikan kacamata gerhana tersebut benar-benar aman atau tidak.

Cara mengujinya sangat mudah. Caranya nyalakan cahaya flash pada smarthphone Anda. Dan tempelkan pada kacamata gerhana Anda. Apabila Anda tidak bisa melihat berkas cahaya sedikitpun berarti kacamata tersebut sudah aman digunakan untuk melihat gerhana matahari.

Penjelasan diatas adalah Cara melihat gerhana matahari secara aman. Segera siapkan kacamata gerhana Anda. Selamat mencoba dan menikmati gerhana matahari cincin. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...