Cara Melindungi WhatsApp dari Penyadapan Mantan yang Tak Bisa Move On

cara melindungi whatsapp dari penyadapan
WhatsApp. Foto: Ist/Net

Cara melindungi WhatsApp dari penyadapan mantan mudah saja dilakukan. Simak tipsnya di bawah ini.

Menghadapi mantan yang tak kunjung move on mungkin menyebalkan. Karena masih terobsesi dengan Anda, mantan biasanya stalking (mengintip) segala rutinitas Anda lewat media sosial.

Bahkan jika nekat, mantan yang gagal move on bisa membobol password media sosial Anda, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, atau yang lebih mengerikan menyadap kontak WhatsApp.

Awalnya mungkin mantan cuma sesekali mengintip foto profil dan status WhatsApp Anda, namun jika mantan Anda kumat dan ingin menganggu, tak jarang ada yang sampai nekat menyadap kontak WhatsApp.

Jika Anda mendapat teror seperti itu dari mantan, maka cara melindungi WhatsApp dari penyadapan ini penting untuk diketahui.

Ciri Kontak WhatsApp Disadap Mantan

Sebelumnya Anda perlu mengenali kontak WhatsApp yang telah disadap. Ada beberapa ciri yang perlu Anda ketahui.

Diantaranya ketika Anda belum membaca pesan dari salah satu kontak WhatsApp, namun ternyata pesan tersebut sudah dibuka, terlihat dari centang dua warna biru pada pesan tersebut. Anda perlu curiga jika kontak WhatsApp Anda ada yang menyadapnya.

Ciri selanjutnya, akun WhatsApp Anda terlalu sering log out. Jika itu terjadi, tandanya WhatsApp sudah disadap.

Terakhir ciri WhatsApp ada yang menyadapnya adalah terhubung dengan perangkat lain. Anda bisa mengeceknya via WhatsApp Web.

Anda bisa klik titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih WhatsApp Web, jika terlihat ada perangkat lain yang masuk, maka segeralah klik ‘keluar dari semua perangkat.

TCL

Setelah mengetahui ciri-ciri kontak WhatsApp yang disadap, kini saatnya Anda melakukan antisipasi dengan mengetahui cara melindungi WhatsApp dari penyadapan mantan. Berikut penjelasannya:

Cara Melindungi WhatsApp dari Penyadapan

Ada berbagai cara untuk melindungi kontak WhatsApp Anda dari sadapan mantan yang ogah move on. Mulai dari mengatur kontak privasi sampai jalan terakhir memblokir kontaknya dan melakukan Two-Step Verication.

Pengaturan Privasi Kontak WhatsApp

Pertama Anda harus mengetahui seluk beluk pengaturan privasi kontak WhatsApp. Dari sana Anda bisa melindungi foto profil, centang dua yang berarti pesan telah dibaca, atau tanda last seen (terakahir dilihat). Bahkan Anda pun bisa melindungi informasi profil.

Cara melindungi WhatsApp dari penyadapan mantan dengan mengatur privasi kontak WhatsApp Anda, bisa dilihat dari titik tiga yang ada pada pojok kanan atas.

Klik tanda titik tiga tersebut, lalu pilih pengaturan (setting), selanjutnya pilih ‘akun’ dan pilih kembali privasi, lanjut pilih ‘keamanan’.

Anda bisa memilih ‘everyone’ jika ingin informasi profil sampai laporan telah dibaca bisa dilihat oleh semua orang yang menyimpan kontak Anda.

Anda juga bisa memilih ‘my contacts’ agar informasi profil hanya bisa dilihat oleh kontak yang Anda simpan saja. Lalu, jika ingin informasi profil tidak bisa dilihat siapapun, Anda bisa memilih ‘no body’.

Pengaturan ini sama seperti ketika Anda sedang melakukan pengaturan status atau lokasi terkini di aplikasi WhatsApp Anda.

Hanya saja, jika Anda memilih menonaktifkan informasi terkait ‘last seen’ atau terakhir dilihat, atau tanda terima pesan yang biasanya centang dua dan berwarna biru, Anda juga tidak akan bisa melihat pemberitahuan itu.

Pembaruan Status

Ketika Anda tidak ingin mantan melihat status WhatsApp yang Anda unggah, Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat pembaharuan status. Ini bisa jadi salah satu cara melindungi WhatsApp dari penyadapan mantan.

Jika sebelumnya Anda memilih ‘semua kontak’’ agar status WhatsApp bisa dilihat semua orang yang kontaknya Anda simpan, Anda pun bisa memilih ‘Kontak saya dengan pengecualiaan’ untuk menyembunyikan status WhatsApp dari kontak-kontak tertentu, termasuk kontak mantan.

Anda pun bisa menyembunyikan status dari mantan yang hobi stalking dengan pilih ‘Hanya Berbagi dengan Beberapa Kontak Tertentu’.

Blokir Kontak

Ada fitur blokir kontak untuk digunakan sebagai cara melindungi kontak WhatsApp dari sadapan mantan. Anda bisa memanfaatkan fitur ini agar mantan tak lagi mengganggu.

Cara blokir kontak WhatsApp, Anda pilih ‘blok kontak’. Lalu pilih titik tiga yang ada di pojok kanan bagian atas. Kemudian pilih kontak yang diblokir.

Cara Melindungi WhatsApp dari Penyadapan

Agar lebih aman dari penyadapan mantan gila dan masih terobsesi pada Anda, manfaatkan saja Two-Step Verificatin.

Caranya, cukup klik pengaturan (setting) lalu pilih menu ‘akun’ (account) dan pilih Two-Step Verification, tinggal klik Enable.

Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan 6 digit kode rahasia untuk masuk ke akun WhatsApp.

Langkah ini akan melindungi WhatsApp Anda dari penyadapan. Karena siapapun yang ingin log in ke akun WhatsApp Anda, maka akan diminta untuk memasukkan kode yang hanya Anda saja yang tahu.

Itulah cara melindungi WhatsApp dari penyadapan mantan. Amankan akun Anda dan jangan lupa lakukan Two-Step Verification. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...