Cara Memanaskan Mesin Mobil dengan Benar

Memanaskan Mesin Mobil dengan Benar

Berita otomotif, (harapanrakyat.com).- Memanaskan mesin mobil yang telah dibiarkan semalaman sangat wajib dilakukan supaya mesin tetap bagus. Namun jika cara memanaskan mesin mobil asal-asalan saja, maka akan berpotensi terjadinya kebocoran kompresi.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda mengetahui cara memanaskan mesin mobil dengan benar.

Cara Memanaskan Mesin Mobil

Cukup 5 Menit

Cara memanaskan mesin mobil yang pertama adalah terkait dengan waktu. Memanaskan mesin mobil akan bagus apabila dilakukan setiap hari. Namun tidak usah terlalu lama memanaskannya, cukup dengan 5 menit saja di pagi hari atau sebelum Anda melakukan aktifitas dan menggunakannya.

Selain itu, jika mobil Anda injeksi, maka pemanasan dengan waktu 5 menit dapat menjadi pilihan, karena sirkulasi pelumasan pada mesin injeksi tergolong cepat dibandingkan yang manual.

Perhatikan Indikator Suhu

Pada saat memanaskan mesin mobil, lihatlah indikator temperatur yang terdapat di speedo. Maka dengan begitu Anda akan mengetahui kapan mobil siap untuk digunakan.

Jika temperaturnya pada posisi minimal atau sepertiga dari jarum di temperatur tersebut, maka mobil siap untuk dijalankan.

Jangan Injak Gas Saat Pemanasan

Perhatikan juga soal ini saat memanaskan mesin mobil supaya part onderdil yang terdapat dalam mesin tetap awet. Anda tidak usah menginjakkan gas ketika pemanasan mobil sedang berlangsung.

Ketika gas terinjak, ini akan menyebabkan getaran menjadi sangat kencang. Bahkan dapat mempengaruhi part onderdil di dalamnya.

Namun jika Anda menginjak gas untuk mengurangi kotoran di pipa injeksi, sarannya cukup dilakukan pada saat mobil berjalan saja.

Matikan AC Mobil

Trik memanaskan mesin mobil selanjutnya yaitu dengan tidak menyalakan AC. Sebelum menghidupkan mesin mobil, terlebih dahulu cek kondisi AC-nya. Hal ini agar power battery/ accu terpenuhi pada saluran dynamo starter, dan beban putaran mesin menjadi ringan.

Tempat Pemanasan Mobil

Usahakan pada saat memanaskan mesin mobil jangan dilakukan di ruangan yang tertutup. Karena gas pada mobil mengandung zat karbondioksida (CO2), sehingga akan mengganggu pernafasan.

Di sisi lain, jika memanaskan mesin mobil dilakukan di ruangan tertutup, tentu dapat membuat sirkulasi udara berkurang karena telah tertutup oleh polusi asap di ruangan yang minim.

Alasan Kenapa Perlu Memanaskan Mesin Mobil

Memansakan mesin mobil dapat membantu oli berjalan diantara celah-celah sempit pada part-part mesin yang perlu untuk dilumasi. Agar oli tersebut bisa naik, maka perlu adanya pemanasan sebelum dijalankan.

Pelumasan tersebut berfungsi untuk mengecilkan gesekan antar logam yang berdampak pada kerusakan pada komponen mesin itu sendiri.

Meskipun dapat mengurangi kebocoran pada kompresi, namun ada juga mesin yang tidak dibuat dengan presisi. Pada komponen ini, dengan otomatis kembali menjadi presisi yang terkena panas. Dalam hal ini bisa mencegah terjadinya suatu kobocoran pada mesin.

Kobocoran ini akan menyebabkan suatu campuran bahan terbakar, sehingga dampaknya tenaga pada mobil yang dihasilkan menjadi tidak optimal dan BBM akan bertambah boros.

Setelah mengetahuinya, jangan lagi ragu untuk menerapkan cara memanaskan mesin mobil tersebut. (Deni/R4/HR-Online)