Cara Membersihkan Dashboard Mobil Agar Terlihat Baru dan Berkelas

Cara Membersihkan Dashboard Mobil
Ilustrasi Cara Membersihkan Dashboard Mobil. Foto: Istimewa

Setiap pemilik mobil seharusnya tahu cara membersihkan dashboard mobil yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan kebersihan dashboard tak hanya berpengaruh terhadap penampilannya saja, akan tetapi juga usia pakainya.

Dengan rutin dibersihkan, maka dashboard mobil bisa nyaman dilihat dan awet digunakan. Interior mobil akan terasa nyaman apabila dashboardnya bersih.

Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Ada banyak trik jitu yang bisa anda praktekkan untuk membersihkan dashboard mobil secara tuntas dan menyeluruh. Berikut ulasannya.

Interior Cleaner

Salah satu cara membersihkan dashboard mobil yaitu memanfaatkan interior cleaner. Cara yang satu ini adalah tindakan pertama yang harus diterapkan ketika dashboard terkena noda.

Dalam menggunakan interior cleaner, pastikan anda meratakannya agar hasil yang didapat bersih maksimal. Setelah itu, biarkan selama 15 menit agar cairannya bekerja dengan baik.

Langkah selanjutnya, bersihkan dengan kain lap atau kanebo. Apabila nodanya sulit hilang, anda bisa mengulangi cara ini sampai beberapa kali.

Untuk anda yang menginginkan dashboard mobil tampak berkilau, anda bisa gunakan interior cleaner yang berbahan water base.

Sementara untuk kain lapnya, anda sangat disarankan untuk menggunakan kain perca atau bisa juga lap microfiber yang dikenal bertekstur halus dan lembut.

Alat Penyedot Debu

Selain menggunakan interior cleaner, cara membersihkan dashboard mobil lainnya ialah dengan memanfaatkan alat penyedot debu. Agar hasilnya optimal, anda bisa pilih alat penyedot debu khusus untuk dashboard yang berukuran mini.

Alat ini bisa membersihkan debu pada dashboard yang bersembunyi di celah-celah sempit. Dengan bantuan alat ini, anda tetap bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit dibersihkan dengan tangan.

Sikat Berbulu Halus

Dashboard mobil akan terlihat bersih maksimal apabila anda memanfaatkan sikat berbulu halus. Sikat ini juga membantu anda untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau tangan.

Penggunaan sikat berbulu halus ini tak akan membuat lecet dashboard mobil sehingga anda tak perlu khawatir saat menggunakannya.

Cara Membersihkan Dashboard Mobil Dengan Bahan Rumahan

Tahukah anda bahwa dashboard mobil juga bisa dibersihkan hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan rumahan. Mau tahu apa saja bahan rumahan tersebut? Langsung saja anda simak ulasan berikut.

Tisu Bayi

Dashboard mobil yang kotor bisa dibersihkan secara cepat dengan memanfaatkan tisu bayi. Meski sederhana, namun cara membersihkan dashboard mobil ini dijamin memberikan hasil yang maksimal.

Dashboard mobil akan bersih menyeluruh seperti saat membersihkan dengan sabun dan air. Mengenai cara membersihkannya, anda tinggal usapkan tisu ke bagian dashboard yang kotor.

Kelembaban pada tisu bayi dinilai lebih efektif jika dibandingkan dengan kain kering. Apalagi, bahan ini mempunyai lapisan anti static yang mampu mencegah debu agar tak kembali menempel di dashboard.

Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan dashboard mobil. Caranya, oleskan pasta gigi secukupnya ke bagian dashboard secara merata.

Setelah itu, gosokkan secara perlahan dengan menggunakan kain yang lembut. Teruslah gosok sampai bagian dashboard yang kotor mulai menghilang.

Namun anda harus pahami bahwa penggunaan pasta gigi yang mengandung bahan pemutih tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan bahan pemutih justru bisa merusak dashboard.

Baking Soda

Cara membersihkan dashboard mobil lainnya yaitu dengan baking soda. Cara mengaplikasikan bahan rumahan ini cukup mudah.

Anda bisa tuang seperempat cangkir baking soda ke botol yang ukurannya besar. Setelah itu, tambahkan seperempat cangkir cairan pencuci piring.

Jika sudah, anda tutup saja botol tersebut dan kocoklah. Setelah semua bahan yang ada di dalamnya tercampur rata, anda bisa langsung menggunakannya untuk membersihkan dashboard mobil.

Tuang secangkir cairan ke ember yang sudah diberi air bersih. Kemudian tambahkan air hangat. Sebelum digunakan, cairan bisa diaduk terlebih dahulu.

Mayonnaise

Mayonnaise ternyata tak hanya bisa digunakan untuk membuat burger saja, akan tetapi juga membersihkan kotoran yang menempel di dashboard mobil.

Caranya, anda oleskan saja mayonnaise secukupnya ke bagian dashboard yang terkena noda. Setelah itu, tunggu sampai 10 menit dan gosok hingga kotorannya hilang.

Beberapa cara membersihkan dashboard mobil di atas terbilang mudah dilakukan. Selain digunakan untuk membersihkan dashboard, bahan tersebut juga bisa dipakai untuk membersihkan bagian-bagian mobil lainnya, seperti kaca. (R10/HR-Online)