Cara Membersihkan Speedometer Motor yang Buram dan Retak, Dijamin Berhasil!

Cara Membersihkan Speedometer
Speedometer Sepeda Motor. Foto: Istimewa

Cara membersihkan speedometer motor perlu untuk dipahami agar tetap mudah dalam melihat informasi yang ditampilkan, mulai dari kecepatan, pemakaian bahan bakar, jarak tempuh, dan lain sebagainya.

Seperti yang diketahui, seiring berjalannya waktu, speedometer motor bisa berubah menjadi buram dan bahkan retak.

Penyebabnya pun beragam. Bisa karena usia pemakaian, sering terpapar sinar matahari, hingga terkena goresan benda tumpul.

Jika anda mengalami permasalahan ini dan bahkan sampai sulit membaca speedometer, anda bisa temukan solusinya pada ulasan berikut.

Cara Membersihkan Speedometer Motor yang Buram

Speedometer motor yang buram bisa diatasi secara mudah dengan memanfaatkan alat dan bahan sederhana. Adapun alat dan bahan tersebut yaitu oli mesin baru dan lap bersih atau tisu.

Setelah alat dan bahan disiapkan, anda bisa langsung mengoleskan oli mesin ke kaca atau mika penutup speedometer. Pastikan anda mengoleskannya secara merata.

Kemudian biarkan sampai 30 menit. Setelah itu, anda bisa membersihkannya dengan lap yang bersih. Jika tak ada, anda juga bisa gunakan tisu saja.

Agar hasilnya maksimal, anda bisa mengulangi cara ini setiap 3 kali seminggu. Dijamin speedometer motor anda yang semula buram bisa kembali kinclong layaknya baru.

Dalam melakukan cara membersihkan speedometer motor ini, anda juga bisa menambahkan pasta gigi. Dengan pasta gigi, maka tampilannya akan semakin bersih sehingga mudah dilihat.

Namun bukan berarti pasta gigi dicampur dengan oli mesin baru, akan tetapi anda bisa mengaplikasikan pasta gigi setelah cara pertama selesai.

Jadi, setelah anda selesai membersihkan speedometer motor dengan oli mesin baru dan menunggunya kering, baru anda bisa mencoba finishing dengan pasta gigi.

Caranya pun sama dengan metode pengaplikasian oli mesin baru. Dengan begitu, speedometer motor anda benar-benar bisa mengkilap.

Cara Membersihkan Speedometer Motor yang Retak

Selain buram, speedometer motor juga bisa retak. Jika sudah terjadi, hal ini tak hanya mengganggu pandangan saja, akan tetapi juga merusak penampilan.

Namun anda tak perlu khawatir karena ada cara ajaib yang bisa anda praktekkan untuk mengatasi speedometer yang baret dan retak.

Adapun cara membersihkan speedometer motor yang retak ialah dengan memanfaatkan oli. Berbeda dengan cara di atas yang menggunakan oli mesin baru, kali ini kita bisa pakai oli bekas.

Sebelum membuktikan keampuhannya, anda perlu membersihkan beling atau pecahan kaca pada speedometer. Langkah ini bisa anda lewati apabila speedometer motor anda terbuat dari mika yang berbahan plastik.

Untuk membersihkan pecahan kaca, anda bisa gunakan kain pembersih yang lembut. Anda bisa mengusapnya berulang kali sampai tak ada pecahan kaca yang masih menempel.

Jika sudah dipastikan hilang, anda bisa mulai mengoleskan beberapa tetes oli bekas menggunakan jari di speedometer kaca maupun mika. Usap secara perlahan dan berulang. Anda bisa melakukannya sampai pori-pori speedometer motor tertutup.

Langkah selanjutnya, bersihkan oli bekas yang menempel di permukaan speedometer dengan lap bersih dan kering. Anda bisa lihat hasilnya. Baret dan retak hilang. Speedometer akan terlihat kinclong seperti baru lagi.

Cara Agar Speedometer Tidak Buram dan Retak Lagi

Setelah anda mengetahui cara membersihkan speedometer motor dari buram dan retak atau baret, anda perlu menjaganya dengan baik agar tak mengalami hal serupa.

Supaya speedometer tak buram dan retak lagi, anda bisa memanfaatkan lapisan anti gores. Dalam hal ini, anti gores tersebut juga dikenal dengan sebutan lapisan film.

Sama halnya lapisan anti gores pada layar smartphone, lapisan film ini mampu melindungi speedometer dengan baik. Berbagai goresan tak akan berpengaruh pada speedometer.

Semakin menguntungkan lagi karena lapisan film tak hanya tahan gores saja, akan tetapi juga tahan terhadap sinar UV. Lapisan film ini pun bisa diterapkan pada speedometer kaca maupun mika.

Mengenai pemasangannya, anda tak perlu bingung. Pasalnya, lapisan film ini bisa disesuaikan dengan bentuk panel indikator sehingga proses pemasangannya jadi mudah.

Anda tak perlu memotong lapisan anti gores sehingga lebih hemat waktu dan tenaga. Tak hanya itu, anda juga bisa irit budget karena paket pembeliannya sudah dilengkapi dengan kain lap halus, tisu basah, dan kartu penekan.

Pastikan anda tak ragu untuk mempraktekkan cara membersihkan speedometer motor lengkap dengan pemasangan lapisan film ini untuk memperpanjang usia pakainya. (R10/HR-Online)

Loading...