Cara Mengatasi Vertigo dengan Obat Rumahan

Cara Mengatasi Vertigo dengan Obat Rumahan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Cara mengatasi vertigo dengan obat rumahan. Vertigo merupakan kondisi dimana tubuh mengalami ketidakseimbangan. Hal ini biasanya ditandai dengan kepala pusing dengan sensasi rasa seperti berputar-putar.

Vertigo disebabkan oleh beberapa faktor berbeda tergantung dengan orangnya. Mengonsumsi obat biasanya dapat memberikan efek samping. Untuk itu, ada beberapa cara mengobati vertigo dengan obat-obatan rumahan.

Melakukan Manuver Epley

Manuver Epley merupakan salah satu teknik atau cara yang paling umum untuk mengatasi vertigo. Manuver epley mempunyai serangkaian langkah yang biasa dilakukan pada malam hari sebelum tidur sampai gejala vertigo sembuh kurang lebih selama 24 jam.

Hal ini sudah terbukti dalam sebuah laporan dari Institut kualitas dan efesiensi, bahwa 52 dari 100 orang mendapatkan bantuan vertigo melalui teknik tersebut.

Langkah yang dilakukan dalam manuver epley. Jika vertigo terjadi dari sisi kiri dan telinga kiri, yakni duduk di tepi tempat tidur dan putar kepala 45 derajat ke kiri. Lalu, barbaring dengan cepat menghadap ke atas di tempat tidur pada sudut 45 derajat.

Pertahankan posisi itu selama 30 detik. Putar kepala 90 derajat ke kanan lalu putar kepala dan seluruh tubuh ke kanan selama 30 detik. Perlahan duduk dan pertahankan.

Berikut ini Cara Mengatasi Vertigo dengan Obat Rumahan

Mengonsumsi Jahe

Menurut riset yang dipublikasi dalam Journal of Acupuntur and Tunis Science, menyatakan bahwa, jahe dapat mengurangi efek vertigo lebih baik dari pada reposisi manual seperti manuver epley.

Caranya rendam akar jahe selama 5 menit. Tambahkan madu pada jahe tersebut untuk mengurangi rasa pahit. Minum teh jahe sehari dua kali supaya dapat membantu mengurangi pusing dan gejala vertigo lainnya.

Tetap Terhidrasi

Tubuh Anda membutuhkan 8 hingga 12 gelas cairan perhari. Dan vertigo biasanya juga disebabkan karena dehidrasi. Sehingga, tetap terhidrasi merupakan salah satu cara mengatasi vertigo yang ampuh.

Dengan tetap terhidrasi bisa membantu Anda meminimalisirkan gejala vertigo seperti pusing, mual dan hilangnya keseimbangan pada tubuh.

Mengonsumsi Kacang Almond

Kacang Almond merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin A, B, dan E. Kandungan vitaminnya dapat membantu mengurangi gejala dari vertigo.

Cara mengonsumsinya sangat mudah. Sediakan beberapa kacang almond di rumah Anda, konsumsi segenggam almond setiap hari. Mengonsumsi kacang almond merupakan bagian dari cara mengatasi vertigo.

Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial merupakan obat alami untuk mengatasi gejala vertigo seperti mual dan sakit kepala.

Minyak ini memiliki beberapa pilihan diantaranya peppermint, lavender, jahe, dan minyak atsiri lemon. Anda bisa memilih sesuai dengan selera.

Caranya cukup mudah bisa dihirup melalui infucer atau dioleskan apabila bentuknya cair.

Demikian beberapa cara mengatasi vertigo dengan bantuan obat rumahan. Tujuannya untuk meminimalisir efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi obat-obat kimia.

Dan cara-cara tersebut sudah dipercaya dan banyak dibuktikan serta digunakan oleh beberapa orang yang pernah mengalami vertigo. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...