Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengobati Serangan Tomcat Agar Kulit Tidak Melepuh

Cara Mengobati Serangan Tomcat Agar Kulit Tidak Melepuh

Cara mengobati serangan tomcat dimulai dari penanganan pertama yang tepat. Terpenting adalah membersihkan kulit yang terkena serangan tomcat terlebih dahulu. Tujuannya agar kulit tidak melepuh.

Jika rumah Anda berada di dekat sawah atau kebun, saat musim penghujan tiba, segala jenis serangga bisa menyerbu masuk rumah. Salah satunya adalah tomcat.

Tomcat merupakan serangga beracun. Ukurannya sebesar nyamuk tapi berwarna kuning kemerahan pada bagian badannya, sementara pada bagian kepala dan ekornya berwarna hitam.

Racun pada tomcat sama halnya seperti kalajengking. Jika tomcat merasa terganggu dia akan meningkatkan racunnya untuk membela diri.

Cairan racun pada tomcat dikenal dengan nama cairan hemolim atau biasa juga disebut racun aederin. Konon racun ini lebih berbahaya daripada ular berbisa.

Jika kulit Anda digigit tomcat, maka akan terasa gatal dan panas, lalu terjadi ruam pada kulit. Akhirnya kulit akan bernanah sampai akhirnya melepuh.

Lalu bagaimana cara mengobati serangan tomcat? Untuk mengobatinya harus dimulai dari penanganan pertama saat digigit tomcat. Selanjutnya adalah diberi antibiotic. Berikut penjelasan lengkapnya.

Penangan Pertama Saat Digigit Tomcat

Pertama yang harus Anda lakukan saat digigit tomcat adalah mencuci kulit yang terkena serangan. Gunakan air bersih dan sabun. Namun ingat tidak perlu digosok keras agar kulit tidak terluka.

Selanjutnya keringkan kulit yang terkena gigitan tomcat. Caranya tepuk-tepuk perlahan dengan kain bersih. Lalu kompres kulit yang mengalami ruam, gunakan air dingin untuk mengompresnya.

Biasanya ruam atau gatal-gatal akibat serangan tomcat ini terjadi selama 6 sampai 10 hari. Namun, ppabila Anda tidak sadar ketika digigit tomcat dan tahu-tahu sudah muncul benjolan berisi nanah, usahakan jangan pernah menggaruknya.

Selain itu, benjolan tersebut jangan sampai pecah. Karena jika pecah maka akan memperparah keadaan. Jika kulit bekas gigitan tomcat makin parah, maka segera konsultasikan ke dokter.

Biasanya dokter akan meminta Anda membersihkan kulit yang terkena serangan tomcat dengan cairan Sodium Chloride 0,9%, selanjutnya Anda juga akan diberi salep yang mengandung gentamicin sulfate dan obat antibiotik yang diminum.

Cara Menghindari Serangan Tomcat

Selain cara mengobati serangan tomcat, menghindari serangannya juga perlu dilakukan. Ingat, tomcat menyukai lingkungan kotor dan tempat-tempat yang lembab. Karena itu sangat perlu untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar rumah.

Berita Terkait: Mengusir Tomcat dari Rumah? Pakai Cara Alami dan Cepat Ini

Lalu jika rumah Anda berdekatan dengan pesawahan atau kebun, maka tutuplah pintu dan jendela saat lampu rumah menyala. Tomcat sangat menyukai tempat terang.

Selain itu, lubang-lubang angin di rumah Anda tutup dengan kasa nyamuk. Karena tomcat bisa masuk dari lubang-lubang tersebut dan meninggalkan cairan racun di pakaian, handuk, serta barang-barang lain.

Jika menemukan tomcat di pakaian atau handuk, maka segeralah mencucinya. Sebelum dicuci rendam dengan air panas atau bisa juga diberi cairan karbol.

Lalu bagaimana jika menemukan tomcat di rumah? Ingat jangan dipencet, bahkan jangan pula dipegang langsung, karena racunnya bisa kena ke kulit Anda.

Anda bisa meniupnya atau memindahkannya, tapi sekali lagi jangan menggunakan tangan secara langsung, pakailah alas atau sarung tangan plastik.

Cairan racun pada tomcat tidak hanya keluar saat serangga ini menggigit, namun ketika terdesak, tomcat juga bisa mengeluarkan cairan. Karena itu jangan sampai memegangnya langsung dengan tangan.

Jika tomcat berada di atas kulit, maka singkirkan dengan meniupnya menggunakan kertas. Lanjutkan dengan cara mengobati serangan tomcat mulai dari penanganan pertama seperti dijelaskan di atas.

Sebagai pencegahan, bisa juga menggunakan kelambu saat tidur. Begitupun lampu listik bisa diberi pelindung. Hal ini karena tomcat sangat menyukai cahaya, sehingga agar tomcat tidak jatuh maka lampu yang merupakan sumber cahaya bisa diberi pelindung.

Jangan lupa semprotkan insektida atau bisa juga menggunakan penyemprot nyamuk untuk membasmi tomcat dari dalam rumah.

Bersihkan juga lingkungan sekitar rumah. Singkirkan tanaman-tanaman yang tak terawat di sekitar rumah, karena bisa jadi tempat tomcat bersarang.

Itulah cara mengobati serangan tomcat mulai dari penanganan pertama sekaligus cara menghindari tomcat agar tidak masuk ke dalam rumah. (Ndu/R7/HR-Online)