Rabu, Desember 8, 2021
BerandaArtikelCara Merawat Ban Serep Mobil Agar Tetap Prima dan Tak Kadaluwarsa

Cara Merawat Ban Serep Mobil Agar Tetap Prima dan Tak Kadaluwarsa

Cara merawat ban serep mobil yang baik dan benar harus dipahami oleh setiap pemilik mobil. Seringkali perawatannya diabaikan karena dianggap tak terlalu penting.

Anggapan tersebut keliru. Meski tak digunakan setiap saat, namun keberadaan ban serep ini tak bisa disepelekan. Ban serep akan sangat membantu di saat-saat tertentu.

Baca Juga: Penyebab Ban Mobil Pecah dan Cara Jitu Mengatasinya

Sebagai bentuk antisipasi, ban serep harus selalu dibawa di mobil. Pemberian perawatan yang tepat pun akan membuat kondisinya tetap prima dan memperpanjang usia pakainya.

Cara Merawat Ban Serep Mobil

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan beberapa tips perawatan ban serep mobil yang tepat selengkapnya untuk anda.

Posisi Pemasangan Ban Serep Mobil

Posisi pemasangan termasuk salah satu perawatan ban serep yang penting untuk diperhatikan. Dalam menentukan posisi pemasangannya, anda harus mencermati kualitas dan kondisi ban.

Jika ban serep yang anda simpan sudah hampir tipis, maka anda bisa menempatkannya di bagian belakang ketika akan digunakan. Hal ini dilakukan agar tak terjadi oversteering karena ban depan bocor atau bahkan pecah di jalanan.

Cek Tekanan Angin

Selain posisi pemasangan, cara merawat ban serep mobil lainnya yaitu mengecek tekanan anginnya secara berkala. Pastikan ban serep selalu dalam kondisi cukup angin. Dengan begitu, ban selalu siap digunakan kapanpun itu.

Perlu untuk anda ketahui, meski jarang digunakan, tekanan angin pada ban serep tetap bisa berkurang. Hal ini disebabkan oleh pori-pori yang ada di permukaan karet ban.

Supaya tekanan angin pada ban serep selalu pas, anda bisa lakukan pengecekan setidaknya sekali dalam sebulan. Segera tambah angin jika tekanannya mulai berkurang.

Kecepatan Kendaraan

Cara merawat ban serep mobil lainnya yaitu memperhatikan kecepatan laju mobil. Kecepatan kendaraan sangat mempengaruhi ketahanan dan performa ban serep.

Anda harus memastikan mobil melaju dengan kecepatan yang sesuai. Dalam artian, tak melebihi kecepatan yang dianjurkan oleh ban serep.

Perhatikan Usia Ban

Perlu untuk anda ketahui, usia ban sangat berpengaruh terhadap kualitasnya. Asosiasi Produsen Ban Indonesia memberikan batasan wajar penggunaan ban sampai dengan 4 tahun yang terhitung sejak tanggal produksi.

Apabila ban serep yang anda miliki sudah melampaui batasan usia tersebut, maka anda harus menggantinya dengan ban serep yang baru. Jangan abaikan cara merawat ban serep mobil ini.

Rutin Dibersihkan

Perawatan pada ban serep yang perlu anda terapkan yaitu membersihkannya secara rutin. Meski jarang digunakan, namun kebersihan ban serep tetap harus terjaga dengan baik.

Dalam membersihkannya, anda hanya perlu mengelapnya dengan kain yang kering. Hindari penggunaan kain lap yang basah.

Pasalnya, air bekas lap yang mungkin saja mengendap pada kain tersebut akan membuat pelek ban serep menjadi berkarat. Lama kelamaan karat ini akan mengikis pelek sehingga ban serep tak bisa lagi digunakan.

Selain itu, anda juga jangan menggunakan cairan pengkilap dalam membersihkannya. Hal ini justru akan merusak kualitas ban yang jarang digunakan.

Penggunaan zat kimia juga tak disarankan dalam cara merawat ban serep mobil meski hanya sebagai kosmetik belaka. Zat kimia bisa berpengaruh terhadap penurunan kualitasnya.

Gunakan Pelindung Ban Serep

Agar ban serep tetap berkualitas, anda bisa gunakan cover pelindung ban serep. Cover pelindung ini akan menjaga ban serep supaya tetap bersih.

Selain terlindung dari segala bentuk kotoran, penggunaan cover pelindung juga bisa menjaga ban serep dari paparan sinar matahari secara langsung.

Guyuran air hujan juga tak akan bisa menurunkan kualitas ban serep apabila dibekali dengan cover pelindung. Maka dari itu, tak ada salahnya jika anda memanfaatkan cover pelindung ban serep.

Rotasi Ban

Hal lainnya yang juga perlu anda lakukan dalam perawatan ban serep yaitu rotasi ban. Perlu untuk anda ketahui, ban yang jarang digunakan bisa menurunkan elastisitasnya.

Kondisi elastisitas ban yang berkurang tentu saja membuat karetnya menjadi lebih keras. Hal ini menyebabkan perputarannya menjadi kurang optimal ketika digunakan.

Melakukan rotasi ban serep pun dinilai mampu mengatasi permasalahan tersebut. Rotasi ban serep ini bisa dilakukan secara rutin. Anda bisa menggantinya dengan keempat ban mobil lainnya.

Beberapa cara merawat ban serep mobil di atas bisa anda praktekkan agar ban tetap prima sehingga siap digunakan kapanpun anda membutuhkannya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -