Cara Merawat Rantai Motor di Musim Hujan

Cara Merawat Rantai Motor di Musim Hujan

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Cara merawat rantai motor di musim hujan. Di akhir tahun ini musim hujan telah dating. Kondisi ini mengharuskan semua orang untuk menyiapkan beberapa hal, termasuk kendaraan mereka masing-masing.

Jika musim hujan tiba, salah satu hal perlu diperhatikan adalah merawat rantai motor. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara merawat rantai motor yang baik dan benar di saat musim hujan tiba, berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Merawat Rantai Motor di Musim Hujan

Rutin Bersihkan Rantai Motor

Cara yang pertama untuk merawat rantai agar tetap bertahan dalam kondisi baik, meskipun di musim hujan, adalah membersihkannya secara teratur.

Kita tentunya sudah mengetahui bahwa debu kotoran yang berlebihan dapat membuat rantai bermasalah.

Terlebih lagi di musim hujan, di mana debu kotoran akan bercampur dengan air yang dapat merusak rantai dengan mudah.

Hal yang harus dilakukan adalah membersihkan rantai motor secara rutin. Anda bisa membersihkan rantai motor ini di waktu pagi dan waktu sore hari atau menjelang petang.

Di waktu pagi sebelum melakukan aktivitas, alangkah baiknya Anda membersihkan rantai motor sebelum digunakan untuk berkendara.

Dan di waktu sore Anda juga harus membersihkannya agar tetap bersih.

Kencangkan Rantai Motor

Cara yang kedua dalam merawat rantai motor saat musim hujan adalah dengan mengencangkan rantai tersebut.

Anda harus mengetahui bahwa rantai motor yang dalam kondisi kendur sangat tidak baik dan dapat membahayakan penggunanya.

Anda perlu mengencangkan rantai motor dengan aturan yang telah ditetapkan, yakni berkisar antara cara ukuran 2,5 cm sampai 3 cm.

Hal ini untuk menjaga kestabilan rantai saat nantinya bekerja dan meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Terlebih lagi di waktu musim hujan, rantai motor akan rentan mendapat masalah jika kondisinya tidak baik sebelum digunakan.

Anda bisa mencari tahu lebih dalam lagi mengenai beberapa hal yang menyangkut rantai motor dengan jenis maupun kualitas yang digunakan.

Berikan Rantai Motor Pelumas

Setelah dibersihkan dan dikencangkan, maka cara merawat rantai motor selanjutnya adalah memberikan pelumas. Pelumasan terhadap rantai motor sangatlah penting, seperti halnya motor dengan bensin.

Adanya pelumas dapat menjaga kondisi rantai motor dengan baik saat berkendara. Selain itu juga, pelumas tersebut dapat menjadikan rantai motor bekerja dengan baik dan meminimalisir adanya masalah.

Anda perlu memberikan pelumas yang benar-benar berkualitas untuk rantai motor Anda. Karena hal ini juga menyangkut daya tahan rantai yang selalu bekerja setiap hari.

Hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pelumas adalah jangan sekali-kali mengganti pelumas tersebut dengan oli bekas. Karena sisa kotoran pada oli dapat menempel pada rantai sehingga rantai akan berkarat.

Demikian beberapa cara merawat rantai motor yang tepat dan benar di kala musim hujan. Ini agar rantai dapat bertahan dengan baik saat digunakan sehari-hari. (Deni/R4/HR-Online)