Chipset Baru Qualcomm Siap Hadir Dengan Dukungan 5G

chipset baru qualcomm
Perkenalan dua chipset baru Qualcomm dilakukan pada acara Tech Summit tahunan Qualcomm, Maui Huwaii pada tanggal 3 Desember yang lalu. Foto: Ist/Net

Chipset baru Qualcomm kini sudah diperkenalkan oleh pihak Qualcomm. Chipset yang diperkenalkan oleh Qualcomm kurang lebih berjumlah 2.

Tentunya chipset tersebut adalah Snapdragon. Seperti yang diketahui bahwa chipset Snapdragon sudah digunakan oleh banyak smartphone.

Hampir semua smartphone telah menggunakan chipset dari Qualcomm. Terutama untuk smartphone Snapdragon 855 dan Snapdragon 855+.

Memperkenalkan Chipset Baru Qualcomm

Terdapat hal baru yang diusung oleh Qualcomm. Hal baru tersebut adalah chipset ini mendukung smartphone dengan jaringan 5G.

Perkenalan dua chipset baru ini dilakukan pada acara Tech Summit tahunan Qualcomm. Lebih tepatnya di Maui, Hawaii pada tanggal 3 Desember yang lalu.

Perkenalan ini mendapat respon yang cukup baik. Hal ini terkait dengan prosesor baru yang akan digunakan pada smartphone lainnya.

Chipset yang akan dirilis oleh Qualcomm adalah Snapdrgaon 865. Chipset ini akan menggantikan smartphone generasi sebelumnya. Sebelumnya Qualcomm merilis chipset Snapdragon 855 dan juga Snapdragon 765.

Hadirnya chipset baru akan menggantikan chipset generasi sebelumnya. Hal ini juga sempat diungkapkan oleh pihak Qualcomm.

Chipset baru Qualcomm tersebut akan memberikan spesifikasi baru pada smartphone. Bahkan dua chipset baru dari Qualcomm akan diletakkan pada smartphone yang berbeda.

Chipset Snapdragon 865 akan disematkan pada smartphone kelas atas atau premium. Sedangkan Snapdragon 765 akan disematkan pada smartphone terjangkau yang akan hadir tahun depan.

Hal ini menjadi kejutan tersendiri untuk para pengguna smartphone. Chip yang dihadirkan oleh Qualcomm akan didukung oleh jaringan terbaru yaitu 5G.

Konektivitas 5G tersebut membuat smartphone lebih canggih. Terlebih lagi jika dibekali dengan chipset baru Qualcomm.

Perlu anda ketahui bahwa kedua chipset keluaran Qualcomm ini memiliki kemampuan. Kemampuan yang dimiliki adalah next-gen AI.

Seperti yang diketahui bahwa AI merupakan teknologi canggih. Teknologi tersebut sudah digunakan di berbagai produk tidak hanya smartphone.

Chipset yang dihadirkan oleh Qualcomm akan menjadi chipset canggih yang pernah ada. Banyak chipset generasi sebelumnya yang memang memberikan kekuatan handal.

Hal ini terbukti dari penggunaan smartphone. Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa smartphone yang telah dibekali dengan Snapdragon.

Dau chipset baru keluaran Qualcomm ini memiliki perbedaan. Selain spesifikasi dan peletakannya, ada beberapa perbedaan yang lain.

Diantaranya adalah sistem modem RF dan serinya. Tidak hanya itu saja, tetapi juga beberapa fitur yang ditawarkan.

Chipset Baru Qualcomm Snapdragon 865 dan 765

Berbicara mengenai Snapdragon terbaru dari Qualcomm, pastinya pengguna smartphone sudah tidak asing lagi. Ternyata kedua chipset yang akan dirilis tersebut memiliki perbedaan.

Tidak terlalu signifikan mengingat keduanya sama-sama dirancang oleh Qualcomm. Namun ada perbedaan yang bisa dilihat.

Snapdragon 865 memiliki sistem Modem RF 5G. Seperti yang diketahui bahwa modem tersebut merupakan platform paling canggih yang pernah ada.

Oleh karena itu, Snapdragon 865 mampu memberikan konektivitas yang tidak tertandingi. Selain konektivitas, Snapdragon 865 juga akan memberikan kinerja yang begitu kuat.

Chipset baru Qualcomm yang lain juga memiliki penawaran menarik. Snapdragon 765 memberikan penawaran terkait konektivitas 5G yang terintegrasi.

Chipset yang satu ini memiliki seri 700. Sehingga target pasarnya memiliki kelas menengah ke atas.

Pada seri ke 700 ini Qualcomm juga memperkenalkan chipset terbaru. Hampir sama dengan generasi sebelumnya, hal baru tersebut berkaitan dengan model G.

Model G pada seri 700 ini menawarkan beberapa fitur khusus yang akan digunakan pada game seluler.

Hal ini juga menjadi hal baru untuk pengguna smartphone. Perlu anda ketahui bahwa model G pada seri 700 akan mengalami peningkatan.

Jika Snapdragon 765 akan disematkan pada smartphone kelas menengah bawah. maka berbeda dengan Snapdragon 865. Chipset seri 800 tersebut akan disematkan pada smartphone premium.

Rilis Kuartal Pertama Tahun 2020

Smartphone ini juga akan dirilis pada tahun 2020. Lebih tepatnya adalah kuartal pertama tahun 2020.

Ada beberapa smartphone yang digadang-gadang menggunakan chipset ini. Diantaranya adalah Xiaomi dan Oppo.

Namun hal ini belum diberi penjelasan lebih lanjut terkait dengan seri smartphone. Tentunya hanya seri tertentu saja yang akan dibekali dengan chipset dari Qualcomm.

Qualcomm mengklaim bahwa dua chipset barunya akan memberikan kekuatan yang luar biasa. Smartphone yanag dibekali chip ini akan memiliki performa gahar.

Dua chipset baru Qualcomm tersebut akan diumumkan tahun depan beserta fitur lainnya. Hal yang pasti adalah pengguna akan memiliki pengalaman baru. (R10/HR-Online)

Loading...