Chipset Snapdragon XR2 dari Qualcomm Siap Diluncurkan Tahun Depan

Chipset Snapdragon XR2
Saat memperkenalkan Chipset Snapdragon XR2. Foto: Istimewa

Chipset Snapdragon XR2 kini telah dihadirkan oleh pihak Qualcomm. Tidak hanya vendor smartphone saja yang merilis produknya, tetapi juga pihak Qualcomm juga.

Seperti yang diketahui bahwa Qualcomm merupakan vendor sekaligus perancang chipset. Terutama untuk chipset smartphone. Bahkan sudah banyak smartphone yang menggunakan chipset dari Qualcomm.

Chipset Snapdragon XR2 dari Qualcomm

Seperti yang diketahui bahwa Qualcomm merupakan vendor chipset berkualitas. Chipset yang dihadirkan selalu memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Qualcomm banyak meluncurkan chipset. Salah satu chipset yang menjadi andalan Qualcomm adalah Snapdragon.

Kini Qualcomm kembali menghadirkan chipset canggih dan berkualitas. Chipset Snapdragon XR2 merupakan chip dari Qualcomm.

Chipset ini memiliki karakteristik yang berbeda dari generasi sebelumnya. Jika sebelumnya chipset Snapdragon ditujukan untuk smartphone, maka kini berbeda.

Snapdragon XR2 kini ditujukan bukan untuk smartphone. Tetapi chipset Snapdragon XR2 ini ditujukan untuk headset.

Chipset ini dirancang sebagai platform Augmented Reality atau yang biasa disebut dengan AR. Tidak hanya AR, tetapi juga dirancang sebagai VR atau Virtual Reality.

Spesifikasi Chipset Snapdragon XR2 Dari Qualcomm

Chipset ini terbilang baru dan sangat berbeda. Biasanya Qualcomm merilis chipset untuk smartphone, namun kini berbeda. Sebelumnya Qualcomm juga merilis chipset terbaru. Tidak hanya satu tetapi 2 sekaligus.

Diantaranya adalah Snapdragon 865 dan Snapdrgaon 765. Snapdragon tersebut nantinya akan disematkan pada smartphone canggih tahun 2020.

Lalu bagaimana dengan chipset terbaru dari Qualcomm? Chipset Snapdragon XR2 ini merupakan penerus generasi pertama.

Chispet ini nantinya akan disematkan pada headset standalone. Qualcomm menggabungkan teknologi AR dan VR.

Hal yang lebih mengesankan adalah Qualcomm juga menggabungkan teknologi MR. Tidak hanya itu saja, chipset dari Qualcomm ini telah didukung dengan jaringan 5G.

Dengan adanya jaringan ini, chipset terbaru Qualcomm menjadi lebih canggih. Bahkan pihak Qualcomm mengatakan bahwa chipsetnya merupakan teknologi pertama yang menggunakan XR.

Spesifikasi lain dari Snapdragon XR2 adalah memiliki performa CPU dan GPU yang lebih tinggi. Tentunya lebih tinggi dari generasi XR yang sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, teknologi AI yang digunakan juga meningkat lebih tinggi. Hal ini membuat chipset Snapdragon XR lebih kuat dan canggih.

Dari sektor pemrosesan gambar, chipset ini memiliki bandwith yang besar pula. Hal ini juga didukung dengan tampilan resolusi enam kali lebih tinggi.

Beberapa spesifikasi diatas membuktikan bahwa Snapdragon XR2 memiliki kualitas yang unggul. Tidak hanya unggul tetapi juga telah dibekali dengan teknologi canggih.

Fitur Chipset Snapdragon XR2

Selain spesifikasi, chipset terbaru dari Qualcomm ini telah dibekali dengan beberapa fitur. Fitur yang telah disematkan oleh Qualcomm ini sangat memudahkan penggunanya.

Salah satu fitur yang disematkan adalah dukungan tujuh kamera. Kamera tersebut dapat digunakan untuk melacak gestur tubuh.

Bahkan pelacakannya dilakukan secara akurat meskipun ada beragam gestur. Tidak hanya itu saja, tetapi ada berbagai fitur lainnya. Salah satunya adalah prosesor yang dapat merekonstruksi lingkungan pengguna.

Fitur selanjutnya adalah chip audio Hecxagon DSP. Chip ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil suara yang lebih jernih.

Fitur yang tidak kalah menariknya adalah context detection. Fitur ini digunakan untuk memisahkan suara di dunia digital dan dunia real atau nyata.

Beberapa fitur chipset Snapdragon XR2 ini hadir untuk kenyamanan pengguna. Bahkan beberapa fitur tersebut menjadi kelebihan bagi chipset Qualcomm.

Meskipun belum rilis dan diluncurkan, namun chipset ini sudah menarik banyak perhatian. Terutama untuk berbagai spesifikasi dan fitur yang disematkan pada chipset Qualcomm ini.

Chipset ini akan mendapat banyak antusiasme masyarakat. Terutama mereka yang mengenal beberapa teknologi terkini.

Chipset Snapdragon XR2 ini belum jelas kepastiannya. Bahkan headset akan dibekali dengan chip ini juga belum ditentukan.

Akan ada banyak kelebihan dari chipset ini. Hal tersebut dapat dilihat dari spesifikasi dan fitur yang diberikan.

Tidak heran jika nantinya teknologi headset akan semakin canggih. Tidak hanya canggih, tetapi juga nyaman digunakan bahkan suara yang dihasilkan lebih jernih.

Chipset Snapdragon XR2 ini direncanakan akan hadir tahun depan. Namun belum ada kepastian yang lebih jelas mengenai tanggal peluncurannya. (R10/HR-Online)

Loading...