Ciamis Dapat Bantuan 10 Unit Armada Pengangkut Sampah

armada pengangkut sampah
DPRKPLH Kabupaten Ciamis mendapat bantuan berupa 10 unit kendaraan armada pengangkut sampah. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, menerima hibah 10 unit kendaraan jenis Viar dari Bantuan Provinsi (Banprov) dan Kementrian Lingkungan Hidup.

Kepala Bagian Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis, Toto, ketika ditemui HR Online, Jum’at, (6/12/2019), mengatakan, kendaraan yang didapat dari bantuan hibah provinsi ini nantinya akan digunakan sebagai armada pengangkut sampah.

“Kesepuluh kendaraan jenis Viar ini, sebanyak 5 unit hibah dari Bantuan Provinsi dan 5 unit lagi dari hibah bantuan Kementerian Lingkungan Hidup, kendaraan ini nantinya akan digunakan oleh bagian LH dan bagian kebersihan,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Toto, lima kendaraan armada pengangkut sampah ini nantinya akan diberikan kepada kelompok yang sudah melakukan pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Reduce, Reuse, Recycle (3R).

Daerah yang sudah melakukan pengolahan sampah, kata Toto, adalah Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti, Desa Medanglayang Kecamatan Panumbangan, Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku, Desa Pawindan Kecamatan Ciamis, dan Bank Sampah Induk Kecamatan Ciamis.

“Kendaraan yang diberikan nanti bisa digunakan untuk mengoptimalkan pengangkutan sampah ke TPS3R, artinya sampah yang dikumpulkan masyarakat sudah bisa langsung diangkut untuk dilakukan penyortiran di TPS3R,” jelasnya.

Sementara itu, untuk 5 unit kendaraan yang diberkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, akan digunakan oleh bagian LH. “Yang jelas kendaraan tersebut digunakan untuk mengangkut sampah,” katanya.

Toto melanjutkan, tidak hanya motor Viar, pihaknya juga mendapatkan 1 unit mobil truk untuk menambah armada pengangkut sampah.

Dia juga berharap dengan adanya armada tambahan tersebut, maka permasalahan sampah bisa dengan cepat tertangani.

“Selain itu, kepada warga masyarakat buanglah sampah ke tempatnya sehingga petugas mudah dalam mengangkut. Jangan sampai ada tempat sampah, tapi masih buang sampah seenaknya sehingga berserakan,” imbau Toto. (ES/R7/HR-Online)

Loading...