Desa Kertaharja Ciamis Prioritaskan Dana Desa Tahap 3 untuk Pengaspalan Jalan

Desa Kertaharja Ciamis Prioritaskan Dana Desa Tahap 3 untuk Pengaspalan Jalan
Salah satu pekerjaan pengaspalan jalan lingkungan, di Desa Kertaharja, Kecamatan Ciejungjing, Kabupaten Ciamis, yang menggunakan dana Desa tahap 3 tahun 2019. Foto:Jujang/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Desa Kertaharja salah satu Desa yang ada di kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Saat ini, desa tersebut terus melaksanakan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa Kertaharja Aan Taufiqurahman didampigi Sekdes Kertaharja, Otong Dadi mengkui hal tersebut. Kata Aan, saat ini penggunaan Dana Desa tahap 3 tetap diprioritaskan untuk pembangunan insfratuktur jalan.

“Karena masih banyak jalan Desa yang rusak, kita secara bertahap perbaiki, agar arus lalu lintas lancar, sehingga mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat,” ujar Aan Senin (30/12/2019).

Dari Dana Desa tahap 3, sudah dilaksanakan pengaspalan jalan lingkungan Desa sepanjang 1,2 kilometer dengan lebar 2,5 meter, terbagi di tiga Dusun yakni Dusun Desa, Desa Kolot dan Cintaharja.

“Pengaspalan menggunakan aspal lapis penetrasi (lapen) setebal 5 sentimeter, menghabiskan anggaran dari DD tahap 3 sebesar Rp 279 juta,” katanya.

Selain melaksanakan pengaspalan lanjut Aan, dari DD tahap 3 juga, dibangun sarana air bersih (SAB) di tiga titik yang tersebar di tiga dusun yang berbeda.

“Ini upaya agar masyarakat tidak kesulitan mendapat air bersih jika kemarau tiba,” jelas Aan.

Di bidang pemberdayaan masyarakat, pihak pemerintah Desa memberikan insentif untuk 40 orang  guru ngaji, masing-masing mendapat insentif Rp 300 ribu.

Selain itu, kader kesehatan di desa Kertaharja sebanyak 54 orang juga mendapat insentif, masing-masing menerima Rp 120 ribu.

“Kemudian dalam rangka peningkatan SDM pemuda di Desa Kertaharja, supaya berkontribusi positif terhadap pemerintah desa, dilaksanakan pelatihan kepemudaan tingkat desa,” pungkasnya. (Jujang/R8/HR Online)