Desa Pagerbumi Pangandaran Masuk Kategori Daerah Tertinggal

Desa Pagerbumi Pangandaran
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata menyebutkan dari 93 Desa di Kabupaten Pangandaran saat ini hanya tinggal satu desa saja yang masuk kategori desa tertinggal, yakni Desa Pagerbumi, Kecamatan Cigugur.

Jeje mengatakan,  Desa Pagerbumi merupakan satu-satunya desa yang masuk kategori tertinggal di Kabupaten Pangandaran. Sedangkan desa yang masuk kategori mandiri adalah Desa Pananjung, Kalipucang, Pangandaran dan Cimerak.

“Sementara yang masuk kategori desa maju ada 24, desa berkembang  ada 64. Target kita di tahun 2020 ada 30 desa yang masuk kategori desa maju, dan yang masuk ketegori desa tertinggal masuk kedalam kategori desa berkembang,” jelas Jeje kepada wartawan, Selasa (3/12/2019).

Jeje mengatakan, salah satu faktor penyebab Desa Pagerbumi menjadi desa tertinggal yaitu karena akses atau transformasinya. Meski begitu, pihaknya mengklaim sudah membangun jalan di desa tersebut dan diharapkan tahun 2020 sudah selesai.

“Diperkirakan masih ada sekitar 5 kilometer lagi jalan menuju Pagerbumi yang belum selesai pembangunannya. Diusahakan bisa dipercepat agar tahun depan Desa Pagerbumi masuk kategori desa berkembang,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Soial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Pangandaran, Dani Hamdani, mengatakan, penilaian desa tertinggal dilihat berdasrkan Indeks Desa Membangun (IDM) yang mana penilaiannya dilakukan oleh pusat.

Salah satu penilaiannya adalah soal peningkatan SDM, peningkatan pembangunan dan penentuan prioritas pembangunan menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan sttatus desa.

“Untuk Kabupaten Pangandaran Insya Allah di tahun depan tidak akan ada lagi yang masuk kategori desa tertinggal,” singkat Dani. (Enceng/Koran HR)

Loading...