Dewan Kebudayaan Ciamis Minta Pemkab Bangun Gedung Kebudayaan

gedung kebudayaan Ciamis
Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis, Dr. H. Yat Rospia Brata. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dewan Kebudayaan Kabupaten Ciamis meminta Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk membangun gedung.

Gedung itu nantinya akan menjadi sarana untuk pagelaran budaya di Kabupaten Ciamis.

Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis, Dr. H. Yat Rospia Brata, mengatakan, bangunan tersebut selain untuk pagelaran berbagai budaya, juga untuk sekretariat Dewan Kebudayaan Ciamis.

“Selama ini untuk kegiatan pertemuan atau rapat, paling di Dinas Kebudayaan dan Olahraga, atau pun di kampus Unigal, karena kita belum punya sekretariat,” ujar Yat yang juga Rektor Universitas Galuh ini.

Yat menyebut, jika dibangun gedung kebudayaan, tentu bisa dipakai juga kegiatan untuk parade kesenian dan lainya.

“Di daerah lain itu sudah punya gedung dan sekertariat. Karena di daerah lain, Pemdanya serius dalam mengelola dan mengembangkan sektor budaya di daerah,” katanya.

Pihaknya mengaku sangat serius dalam mengembangkan budaya Galuh di Kabupaten Ciamis. Hanya saja dukungan pemerintah daerah masih kurang, utamanya dalam penyediaan sarana prasarana.

“Oleh karena itu, kami mohon ke Pemkab Ciamis agar bisa memberikan bangunan sekaligus sekertariat Dewan Kebudayaan, agar bisa menampung budayawan-budayawan di Tatar Galuh Ciamis,” ucapnya.

Pihaknya berharap, tahun depan Pemkab bisa merealisasikan keinginan Dewan Kebudayaan agar memiliki gedung beserta sekretariat.

“Penting adanya gedung dan sekertariat Kebudayaan, agar menjadi sarana para budayawan Tatar Galuh Ciamis dalam memajukan karyanya,” tandasnya. (Jujang/R6/HR-Online)

Loading...