Dinas Kominfo Berharap KIM di Kota Banjar Bantu Desa Wujudkan Layanan Digital

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), salah satunya komunitas IT di Kota Banjar, Jawa Barat, diharapkan membantu perangkat desa dalam memanfaatkan internet desa untuk meningkatkan pelayanan informasi
Kepala Bidang Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjar, Hary Permana, ST. Foto : Istimewa.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), salah satunya komunitas IT di Kota Banjar, Jawa Barat, diharapkan membantu perangkat desa dalam memanfaatkan internet desa untuk meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat melalui layanan digital.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjar, Hary Permana, ST., kepada HR Online, Selasa (10/12/2019).

“Sangat diapresiasi keberadaan komunitas informasi masyarakat di Kota Banjar ini, yang salah satunya komunitas IT, namun memang mereka kebanyakannya kreator,” katanya.

Lanjut Hary, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan mereka, dan diharapkan mereka membantu perangkat desa dalam pemanfatan internet desa. Misalnya dengan membuat konten atau aplikasi untuk mempromosikan hasil UMKM maupun potensi lainnya yang ada di setiap desa.

Seperti contohnya di Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, yang mana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa tersebut sudah memanfaatkan teknologi informasi untuk mewujudkan layanan digital, yakni dengan meluncurkan aplikasi bernama Gondes.

 “Konten yang ada di dalam aplikasi tersebut berupa produk-produk UMKM yang diperjualbelikan.  Bahkan sudah menerapkan finance digital dalam pembayarannya pun, yakni layanan e-commerce menggunakan transaksi berbasis aplikasi. Tentu itu sangat membantu memudahkan pemasaran produk UMKM,” terangnya.

Untuk itu, kata Hary, pihaknya berharap KIM bisa membantu desa-desa yang ada di Kota Banjar ini dalam mewujudkan layanan digital di era revolusi industri 4.0. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...