Dinkes Ciamis Latih Masyarakat Awam Jadi Relawan Layad Rawat

Relawan Layad Rawat
Dokter IGD RSUD Ciamis, dr Usep Saiful Imam saat memberikan praktek penanganan pertolongan pertama pada kegiatan workshop Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) untuk awam relawan layad rawat di hotel Priangan Senin-Rabu (2-4/12/2019). Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis menggelar pelatihan dan workshop Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) untuk masyarakat awama agar menjadi relawan layad rawat. Workshop digelar di hotel Priangan Senin-Rabu (2-4/12/2019).

Kegiatan tersebut diikuti 300 peserta, dibagi ke dalam tiga gelombang. Para peserta merupakan perwakilan dari TNI/Polri, Relawan Tagana, kader PKK, Karang Taruna, PPDI serta wartawan yang biasa melaksanakan liputan di Ciamis.

Relawan layad rawat bermakna relawan yang membantu masyarakat yang sakit. Relawan ini mendatangi warga yang sakit (layad) dan memberi pertolongan pertama, sebelum akhirnya pasien ditangani secara medis oleh dokter.

Selain mendapatkan materi dari sejumlah narasumber, para peserta juga diberi pelatihan praktik penanganan gawat darurat.

Ketua pelaksana kegiatan yang juga Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Ciamis, dr Eni Rochaeni menyebut, kegiatan ini merupakan program Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan kepada masyarakat.

Kata dia, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat terpilih.

“Nantinya mereka (peserta) menjadi kepanjangan tangan dari Dinas Kesehatan Ciamis untuk membantu dalam menangani terjadinya resiko-resiko dan permasalahan yang sering terjadi di lingkungan masyarakat,” ucapnya.

Eni menyebut, peserta diberikan arahan langsung untuk mempraktekkan pertolongan pertama sebelum korban mendapat penanganan medis di RSUD atau Puskesmas terdekat.

“Kita harap pelatihan PPGD untuk awam relawan si cinta ini bisa menjadikan para peserta tahu dan mampu mempraktekkan pertolongan pertama gawat darurat di masyarakat,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)

Loading...