Disdikpora Pangandaran Apresiasi Rencana Penilaian Ulangan Berbasis Komputer

penilaian ulangan berbasis komputer
Workhop penilaian ulangan berbasis komputer. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Komisariat 1 SMP Kabupaten Pangandaran yang berada melakukan terobosan baru dalam penilaian ulangan di tiap sekolah. Penilaian yang biasanya dilakukan manual diganti menggunakan computer.

Untuk mengompakkan terobosan baru tersebut, mereka menggelar workshop di sejumlah tempat, seperti yang dilakukan di Komisariat 1, meliputi SMP di Mangunjaya, Padaherang dan Kalipucang.

Sekretaris Komisariat 1 SMP Kabupaten Pangandaran, Gunara, mengatakan, dalam workshop yang diikuti sekitar 54 peserta dari 18 sekolah tersebut sekaligus musyawarah kerja kepala sekolah Komisariat 1.

“Workshop ini merupakan upaya mengenalkan bagaimana memanfaatkan aplikasi yang ada di komputer dan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Harapannya tentu untuk meningkatkan kualitas siswa yang berbasis IT,” jelasnya kepada Koran HR, Selasa (26/11/2019).

Melalui pola ini, kata Gunara, akan membiasakan para siswa ketika berhadapan dengan ujian di komputer, terutama UNBK. Tak hanya itu, penggunaan komputer juga bisa mengurangi penggunaan kertas dan mempercepat penilaian.

“Sudah waktunya kita itu menyesuaikan perkembangan teknologi. Manfaatnya juga sangat banyak, bisa meminimalisir kesalahan dan menghemat anggaran,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi SMP Disdikpora Pangandaran, Supri, mengatakan, inisiatif Komisariat 1 SMP Kabupaten Pangandaran tersebut merupakan sesuatu yang positif. Selain menambah wawasan di bidang teknologi kepada guru, juga kepada para siswa di sekolah.

“Kita harap hasil dari workshop ini dapat diimplementasikan di seluruh sekolah yang ada di Pangandaran. Sebagai salah satu contohnya itu Komisariat 1. Ini terobosan penilaian ulangan berbasis komputer yang sangat baik sekali,” pungkasnya. (Entang/Koran HR)

Loading...