Diskominfo Kota Banjar Tingkatkan Pelayanan Bidang Komunikasi dan Informatika

Diskominfo) Kota Banjar, Jawa Barat, saat ini tengah melengkapi informasi digitalisasi melalui website Kota Banjar.
Diskominfo) Kota Banjar, Jawa Barat, saat ini tengah melengkapi informasi digitalisasi melalui website Kota Banjar. Photo : Ilustrasi.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Seiring dengan perkembangan teknologi infomasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjar, Jawa Barat, saat ini tengah melengkapi informasi digitalisasi melalui website Kota Banjar, banjarkota.go.id, sebagai sarana publikasi seputar kegiatan pembangunan yang dilakukan Pemkot Banjar.

Kepala Diskominfo Kota Banjar, Sunarto, SH., M.Si., didampingi Sekretaris Diskominfo Kota Banjar, Ir. Agus Kostaman, mengatakan, dinasnya memiliki dua bidang, yaitu bidang komunikasi dan bidang informatika.

Bidang Komunikasi

Di bidang komunikasi kegiatannya ada PPID dan SP4N LAPOR. Hal ini untuk mewujudkan pelayanan yang tepat, cepat, dan sederhana dalam penyampaian informasi kepada publik, maka setiap badan publikasi harus menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Sedangkan, SP4N dibentuk supaya penyelenggara mampu mengelola ketika ada pengaduan dari masyarakat secara cepat, tepat, tuntas, sederhana, serta terkoordinasi baik.

Melalui SP4N, penyelenggara juga memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam penyampaian pengaduan, serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kemudian, LAPOR adalah pelayanan untuk penyampaian aspirasi serta pengaduan masyarakat berbasis online dan dikelola KSP, yang ditetapkan sebagai SP4N berdasarkan Permen PAN-RB Nomor 13 Tahun 2015.

Ketentuan ini mengamanatkan supaya semua pemda yang sudah mengelola aduan layanan publik berbasis teknologi informasi, akan terintegrasi dengan LAPOR. Baik pengaduan layanan publik sesama instansi, atau lintas instansi terbawah sampai unit teratas.

“Jadi, SP4N dengan sistem LAPOR ini untuk menangani pengaduan yang efektif, dan memberi penyelesaian bagi masyarakat untuk berkontribusi langsung pada perbaikan tata kelola di pemerintahan yang lebih baik lagi, serta memperkuat fungsi layanan publik,” terang Sunarto.

Bidang Informatika

Sementara, di bidang informatika, pihaknya mengelola website Kota Banjar dan Data Center. Melalui website Kota Banjar, banjarkota.go.id, maka informasi seputar kegiatan pembangunan Pemkot Banjar yang ada di tiap OPD dapat diakses oleh semua masyarakat.

Diskominfo juga sebagai Data Center yang mengelola dan memonitor jaringan internet OPD yang servernya berada di Dinas Kominfo.

Selain itu, Diskominfo juga tengah mewujudkan program Internet Desa melalui fasilitasi jaringan internet di desa, baik di dalam kantor maupun di luar. Pada tahun 2019 ini, Diskominfo Kota Banjar sudah merealisasikan program tersebut di dua desa, yakni Desa Cibeureum dan Karyamukti.

“Program internet desa ini untuk mendukung program Desa Digital yang dicanangkan Gubernur Jabar. Untuk program Internet Desa, Insya Alloh tahun depan semua desa di Kota Banjar sudah terfasilitasi jaringan internet,” kata Sunarto, Kepala Diskominfo Kota Banjar. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...