Fakta Menarik Planet Mars, Menakjubkan!

Fakta Menarik Planet Mars

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Fakta Menarik Planet Mars, Menakjubkan! Siapa yang tidak mengenal planet merah ini atau sering disebut planet mars. Planet ini terkenal memiliki tingkat panas yang cukup tinggi.

Planet mars kini telah menjadi bahan perbincangan setelah peneliti asal Italia dan para astronomi menemukan Fakta Menarik Planet Mars yang banyak membuat orang penasaran. Lantas apa saja fakta yang ditemukan, berikut ini ulasannya;

Fakta Menarik Planet Mars

Tanaman Tumbuh di Planet Mars

Para ilmuan astronomi mempercayai bahwa mereka bisa bertani di planet mars. Percobaan yang telah dilakukan adalah dengan menanam kentang di planet tersebut.

Kentang tersebut bukan biji, namun hanya potongan sebuah kentang. Dan alhasil, para ilmuan berhasil membuktikan bahwa kentang tersebut dapat tumbuh di planet mars.

Namun, menanam terlalu banyak kentang sangat sulit untuk dilakukan. Sebab tidak hanya berat untuk membawanya, juga dikhawatirkan akan merusak jaringan umbi-umbian yang nantinya tidak akan bisa tumbuh.

Terdapat Es Kutub dan Gletser

Sama halnya seperti bumi, ternyata di bagian kutub utara dan selatan planet mars juga ditutupi oleh es. Bahkan planet mars juga memiliki sebuah gletser.

Selain itu, mars juga memiliki tekanan atmosfir yang cukup rendah, dimana mengakibatkan air permukaan es menguap.

Para ilmuan mengutarakan bahwa mars mengandung lebih dari 150 miliar kubik es yang mampu menutupi seluruh permukaan planet tersebut.

Memiliki Badai Menakutkan

Fakta Menarik Planet Mars selanjutnya, selain memiliki gunung tertinggi, yaitu terdapat badai debu yang paling menakutkan. Badai ini akan muncul kapan saja, atau ketika planet mars sedang mendekati matahari.

Dan kecepatan badai yang dimiliki planet mars dapat mencapai 125 mil per jam. Proses badai tersebut akan terjadi selama berbulan-bulan hingga planet mars menjauh dari matahari.

TCL

Terdapat Air di Lereng Planet Mars

Tidak hanya danau, ternyata para ilmuan juga menemukan air danau di lereng planet mars. Air danau tersebut tetap mengalir di musim panas dan akan membeku saat musim dingin tiba.

Tidak seperti di bumi, ternyata lebih dingin di planet mars dibandingkan berada di bumi.  Tidak hanya itu, air yang berada di planet tersebut ternyata memiliki kadar rasa yang asin.

Memiliki Empat Musim

Sama halnya bumi yang memilki empat musim, mars ternyata juga memilki empat musim dalam satu tahunnya.

Diantaranya yaitu, musim semi yang akan berlangsung selama tujuh bulan. Musim panas enam bulan, musim gugur lima bulan dan musim dingin selama empat bulan.

Itulah beberapa Fakta Menarik Planet Mars yang banyak menjadi perbincangan masyarakat saat ini. Hasil temuan para ilmuan tersebut membuat banyak orang penasaran tentang isi planet mars. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...