Fitur Baru WhatsApp di 2020, Ini Daftarnya

Fitur baru WhatsApp di 2020 untuk melengkapi kebutuhan pelanggannya.
Fitur baru WhatsApp di 2020 untuk melengkapi kebutuhan pelanggannya. Photo: Ilustrasi.

Fitur baru WhatsApp di 2020 untuk melengkapi kebutuhan pelanggannya. Sebelumnya, fitur baru WhatsApp di 2020 nanti sudah terungkap sejak beberapa waktu lalu, namun belum juga dirilis hingga masuk penghujung tahun 2019.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Senin (29/12/2019), aplikasi pesan instan WhatsApp setiap tahunnya memang rajin menciptakan berbagai fitur baru. Di tahun 2019 ini, ada beberapa fitur baru yang dikembangkan dari fitur sebelumnya.

Seperti halnya WhatsApp Status atau biasa disebut WhatsApp Stories yang dibagikan ke Facebook dan Instagram, serta fitur keamanan sidik jari. Sedangkan, untuk fitur baru WhatsApp nanti diklaim akan banyak diminati pengguna.

5 Fitur Baru WhatsApp di 2020

Dark Mode

Sejak dua tahun lalu fitur dark mode atau mode gelap yang telah hadir di sejumlah aplikasi semakin digemari.

Seperti di Instagram, begitu rilis ke publik, dark mode ini langsung mendapat antusias dari penggunanya.

Mode gelap ini kabarnya baru akan dirilis di tahun 2020 nanti dengan fitur power-saving (penghemat daya), namun khusus untuk ponsel berlayar AMOLED.

Saat berada di mode power-saving, pengguna dapat mengatur fitur dark mode secara otomatis atau manual sesuai dengan pengaturan ponsel.

Hapus Pesan Rahasia Otomatis

Fitur baru WhatsApp di 2020 selanjutnya ada fitur hapus pesan rahasia secara otomatis. Kemunginan fitur ini bakan menjadi favorit pengguna, terutama mereka yang sangat menjaga privasinya.

Awalnya fitur hapus pesan rahasia ini bernama Disappearing Messages, tetapi salam dalam pengembangannya kini dikabarkan namanya bakal diubah menjadi Delete Messages.

Kegunaannya fitur tersebut hampir sama fitur Secret Chat yang ada di aplikasi Telegram, yang mana setelah beberapa waktu fitur ini akan menghapus secara otomatis. Hitungan waktunya sendiri bisa jam, hari, minggu atau tahun.

Dukungan Sistem Operasi

Aplikasi WhatsApp di tahun 2020 nanti akan mulai menghentikan dukungannya untuk smartphone versi lawas, baik Android maupun iOS.

Bagi pengguna smartphone lawas harus segera mengecek sistem operasi pada ponselnya untuk memastikan apakah ponsel miliknya termasuk yang akan dihentikan dukungan WhatsApp atau tidak.

WhatsApp menyebutkan bahwa ponsel Android versi 2.3.7 serta iOS versi lebih lama tidak akan bisa lagi menjalankan WhatsApp.

Selain dua platform tersebut, WhatsApp juga telah mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan menyetop dukungannya untuk Windows Phone.

Iklan di Status WhatsApp

Fitur baru WhatsApp di 2020 nanti akan ada iklan yang sengaja disisipkan di antara WhatsApp Stories, dan ketika dibuka layar ponsel akan dipenuhi iklan.

Hal itu nyaris sama dengan iklan yang kini sering muncul di status instagram. Iklan tersebut nantinya akan lengkap dengan ikon “swipe-up” yang bakal mengarah ke situs pengiklan.

Nama perusahaan produk atau pengiklan bakal muncul di sisi bagian atas, sebagaimana dengan nama kontaknya.

Reserve Image Search

Fitur baru WhatsApp di 2020 lainnya adalah fitur Reverse Image Search yang dapat mempermudah pengguna untuk menelusuri dari siapa gambar yang diterimanya.

Namun sayangnya, untuk fitur ini masih minim informasi. Meski begitu, kalau dilihat fungsinya fitur Reserve Image Search dapat digunakan untuk mencari tahu gambar yang berisikan informasi palsu atau hoax yang sering beredar di aplikasi WhatsApp. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...