Fitur Telemetry Windows 10 Dinonaktifkan, Bagaimana Caranya?

Fitur Telemetry Windows 10
Ilustrasi perangkat Windows pada perangkat komputer. Foto: Istimewa

Fitur Telemetry Windows 10 sudah tidak asing bagi pengguna Windows. Fitur ini juga digunakan oleh pihak Microsoft.

Namun bagi sebagian orang fitur ini cukup asing. Terutama bagi orang yang tidak menahu mengenai Windows.

Fitur ini sebenarnya sudah disematkan di Windows 10. Bahkan fitur ini sudah diaktifkan secara otomatis.

Fungsi Fitur Telemetry Windows 10

Seperti yang diketahui bahwa belum banyak orang yang mengetahui mengenai fitur Telemetry ini. Bahkan hanya sebagian orang atau orang tertentu saja yang mengetahui fitur ini.

Dalam Windows 10 fitur ini lebih dikenal dengan Telemetry dan Data Collection. Fitur yang disematkan pada Windows 10 ini memiliki fungsi.

Fungsinya adalah mengambil informasi dari Windows 10. Informasi tersebut nantinya akan digunakan sebagai upaya peningkatan.

Lebih tepatnya untuk peningkatan pengalaman baru bagi pengguna Windows 10. Informasi yang akan diambil bisa berupa data kegiatan dari pengguna.

Jadi, fitur ini bisa digunakan untuk mengetahui kegiatan pengguna ketika mengoperasikan Windows 10. Fitur ini juga sempat digunakan oleh pihak Microsoft. Tujuannya penggunaannya juga sama yaitu untuk mengambil beberapa informasi.

Namun ada beberapa pengguna yang merasa terganggu dengan kehadiran fitur ini. Mengapa bisa terganggu dengan fitur Telemetry dan Data Collection?

Seperti yang diketahui bahwa fitur Telemetry Windows 10 ini sudah diaktifkan secara otomatis. Oleh karena itu, semua kegiatan pengguna dapat diketahui oleh pihak Windows atau Microsoft.

Hal ini tentu saja mengganggu privasi pengguna Windows 10. Tidak heran jika banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara menonaktifkan fitur ini.

Karena fitur ini diaktifkan secara otomatis, jadi tidak banyak yang tahu bagaimana menonaktifkannya. Meskipun begitu, ada beberapa langkah yang bisa anda gunakan untuk menonaktifkan fitur ini.

Cara Menonaktifkan Fitur Telemetry Windows 10

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa fitur ini mengganggu privasi pengguna. Alasannya adalah fitur ini bisa mengakses semua kegiatan pengguna.

Tidak heran jika pengguna merasa privasinya terganggu. Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk menonaktifkan fitur ini.

Langkah yang bisa anda gunakan untuk menonaktifkan fitur Telemetry Windows 10 adalah setting data. Lebih tepatnya adalah setting data diagnostic.

Anda bisa mengatur data diagnostic menjadi basic. Setelah mengaturnya, anda bisa melakukan penonaktifan pada fitur Telemetry.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menonaktifkan fitur ini. Anda bisa menonaktifkannya melalui opsi settings. Namun opsi settings hanya tersedia pada Windows 10.

Windows tersebut dikhususkan untuk edisi Enterprise. Namun anda masih bisa menonaktifkan fitur Telemetry Windows 10 dengan cara yang lain meskipun bukan edisi Enterprise.

Anda bisa menonaktifkannya dengan konfigurasi Registry Editor. Cara ini bisa anda lakukan pada Windows 10 selain edisi Enterprise.

Ada beberapa langkah yang mungkin bisa anda lakukan. Mulai dari membuka Registry Editor kemudian arahkan navigasi ke Data Collection.

Setelah itu, klik kanan dan akan muncul beberapa opsi. Anda bisa memilih opsi DWORD lalu berikan nama AllowTelemetry.

Lalu anda akan diperintahkan untuk mengganti jumlah value. Maka anda bisa menggantinya dengan angka 0.

Setelah selesai menonaktifkannya, anda masih perlu menonaktifkan yang lain. Anda harus menonaktifkan koneksi User Experience.

Cara ini cukup mudah karena anda hanya perlu menonaktifkannya di services.msc. Setelah selesai, maka fitur Telemetry benar-benar dinonaktifkan.

Fitur Telemetry Windows 10

Pada dasarnya fitur ini tidak mengganggu kenyamanan pengguna Windows 10. Namun bagi pengguna yang ingin privasinya terjaga, maka harus mematikan fitur ini.

Pihak Microsoft akan mengambil berbagai data ketika pengguna mengoperasikan Windows 10. Sebenarnya data tersebut akan digunakan sebagai pertimbangan untuk peningkatan pihak Microsoft.

Microsoft akan meningkatkan pelayanan pada Windows 10. Hal tersebut didasarkan pada kegiatan penggunanya. Jadi, fitur ini tidak mengganggu sama sekali. Bahkan fitur ini cukup membantu.

Microsoft akan mengetahui kegiatan apa yang dilakukan pengguna melalui Windows 10. Dengan begitu, Microsoft akan meningkatkan pelayanan pada pengguna.

Sehingga pengguna akan mendapat pengalaman baru ketika menggunakan Windows 10. Namun hal ini berbeda dengan pengguna yang menjaga privasinya.

Pengguna tidak akan nyaman ketika kegiatannya selama mengoperasikan Windows 10 diketahui. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pengguna ingin menonaktifkan fitur Telemetry.

Fitur Telemetry Windows 10 memang diaktifkan secara otomatis. Namun pengguna bisa menonaktifkannya dengan beberapa cara diatas. (R10/HR-Online)

Loading...