Fitur Verifikasi SMS Terbaru dari Google Atasi Spam

Fitur Verifikasi SMS
Fitur Verifikasi SMS. Foto: Istimewa

Fitur verifikasi SMS kini sudah diperkenalkan oleh pihak perancangnya yaitu Google. Google memang meluncurkan fitur baru bagi penggunanya.

Hal ini terkait dengan kenyamanan para pengguna dengan layanan Google. Fitur ini ditujukan untuk layanan perpesanan.

Upaya yang dilakukan Google memiliki tujuan. Salah satunya adalah peningkatan penerimaan pesan-pesan spam.

Fitur Verifikasi SMS dari Google

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa peluncuran fitur baru ini memiliki tujuan. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan upaya penerimaan pesan-pesan spam.

Jadi, fitur ini ditujukan untuk layanan perpesanan di Android. Dengan adanya fitur ini membuat pengguna lebih nyaman ketika ada pesan masuk.

Terkadang pesan yang masuk mengandung unsur penipuan. Lebih parahnya mengatasnamakan instansi tertentu agar penerima lebih percaya.

Oleh karena itu, Google meluncurkan fitur verifikasi SMS. Fitur ini akan membantu pengguna untuk mengenali beberapa SMS yang masuk.

Seperti namanya, fitur ini akan memverifikasi nomor pengirim yang telah mengirimkan pesan. Fitur ini akan mengecek apakah nomor ini legal atau tidak.

Jika nomor pengirim bersifat legal, maka penerima akan mendapatkan nama dan sebuah logo. Hal ini digunakan untuk memastikan bahwa pesan memang sudah terverifikasi dan bersifat legal.

Fitur verifikasi SMS ini membuat pengguna lebih nyaman, khususnya ketika menerima SMS. Banyak SMS yang meminta nomor, kode, atau sejenisnya yang membahayakan penerima.

Terkadang penerima dengan mudahnya memberikan kode tersebut. Hal tersebut sangat berdampak pada kenyamanan pengguna.

Oleh karena itu, pihak Google meluncurkan fitur pemverifikasian ini. Dengan tujuan untuk kenyamanan para penggunanya.

Fitur Verifikasi SMS Sebagai Upaya Google

Google memang selalu mengembangkan berbagai inovasi terkait dengan layanan dan fitur. Hal ini ditujukan untuk membuat pengguna lebih nyaman dan tidak ada keluhan.

Upaya ini untuk meningkatkan layanan Google terkait dengan perpesanan. Sebelumnya, layanan ini sudah disediakan namun pada versi 4.2 Google Messages.

Bisa dibilang fitur baru ini adalah sebuah pembaruan. Jadi, Google melakukan pembaruan terkait dengan fitur verifikasi SMS.

Pihak Google belum menjelaskan bagaimana kejelasan mengenai kinerja fitur ini. Namun verifikasi ini akan dilakukan terhadap nomor yang sudah terdaftar di Google.

Fitur ini berguna untuk menganalisis pesan yang masuk. Kemudian pihak penerima pesan akan mendapat laporan verifikasi.

Apabila nomor pengirim bersifat legal, maka akan muncul nama dan logo. Begitupun sebaliknya, jika nomor bersifat spam, maka Google akan memberitahu penerima.

Penerima SMS akan diberikan informasi jika nantinya nomor pengirim adalah spam. Nomor ini diidentifikasi dan dianalisis kemudian diverifikasi.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa SMS ini bisa berdampak pada penerima. Fitur ini nantinya akan membuat pengguna lebih aman.

Fitur Verifikasi SMS

Verifikasi SMS memang diperlukan. Mengingat pentingnya keamanan dan kenyamanan pengguna Android.

Penerima pesan akan mendapat info mengenai nomor pengirim. Hal ini membuat pengguna lebih hati-hati dan waspada. Verifikasi SMS ini juga dapat mengatasi terjadinya penipuan dari pengirim pesan.

Google memang sengaja meluncurkan fitur ini. Karena sebelumnya sudah ada layanan terkait Google Messages. Dengan adanya pembaruan ini, SMS dapat dilacak. Pengirim akan lebih mudah diketahui.

Terlebih lagi jika nomor tersebut spam atau bukan. Fitur ini memang hadir dengan berbagai kelebihan.

Tidak heran jika nantinya fitur ini membuat pengguna Android merasa nyaman. Bahkan fitur ini dikatakan memberikan kepuasan bagi pengguna Android.

Kelebihan lainnya adalah pengguna akan terhindar dari penipuan. Kenyamanan pengguna lebih meningkat.

Pengguna juga bisa merasakan keamanan tanpa merasa khawatir. Fitur verifikasi SMS ini juga hadir secara otomatis.

Lebih tepatnya fitur ini akan diaktifkan secara default. Artinya ketika ada pesan masuk maka fitur ini akan langsung bekerja.

Dengan demikian, fitur ini akan membuat pengguna lebih mudah. Terlebih lagi jika ada pesan masuk dari nomor tidak dikenal.

Kehadiran fitur ini memang sangat bermanfaat. Google memang selalu memberikan kenyamanan terhadap penggunanya.

Fitur ini akan dikembangkan lebih baik lagi. Agar pengguna semakin nyaman dan tidak ada keluhan.

Fitur verifikasi SMS dari Google sangat berpengaruh pada pengguna. Fitur ini baru diperkenalkan dan belum resmi diluncurkan. (R10/HR-Online)