Fungsi Fitur Traction Control pada Mobil, Belum Banyak yang Tahu

fungsi fitur traction control
Fitur Traction Control. Foto: Ist/Net

Sebagai salah satu fitur terbaru, fungsi fitur Traction Control belum banyak diketahui setiap pemilik mobil. Fitur yang satu ini sebenarnya memiliki peranan penting dalam menjamin keamanan pengendara.

Dengan jaminan keamanan yang tinggi, berkendara dengan mobil yang berbekal Traction Control pastinya terasa nyaman dan menyenangkan.

Fungsi Fitur Traction Control

Jika anda termasuk salah satu pemilik mobil yang belum memahami apa kegunaan fitur Traction Control, ada baiknya anda tak lewatkan ulasan berikut ini.

Meminimalisir Resiko Tergelincir

Salah satu fungsi dari Traction Control yaitu meminimalisir mobil tergelincir ketika melaju di belokan yang tajam. Hal ini dikarenakan Traction Control akan mencegah ban agar tak selip.

Dengan begitu, anda tak perlu khawatir ketika harus melaju dalam belokan yang menikung. Kemampuan ini juga memudahkan anda saat ingin berkendara di jalanan yang basah.

Akselerasi bisa dilakukan secara mudah dan aman. Dengan fungsi tersebut, tak sedikit pemilik mobil yang menganggap bahwa fitur ini serupa dengan anti-lock braking system (ABS). Padahal kedua fitur ini memiliki sistem kerja yang berbeda dan bahkan disebut berlawanan.

Menyesuaikan Putaran Roda

Fungsi fitur Traction Control lainnya yaitu menyesuaikan putaran roda. Saat sensor mendeteksi ada satu roda atau lebih yang berputar lebih cepat, maka Traction Control akan langsung bekerja.

Fitur ini akan memberikan instruksi pada rem agar putaran rodanya menjadi sesuai. Dengan begitu, semua rodanya bisa berjalan secara selaras.

Adapun salah satu contoh permasalahan yang bisa diatasi dengan menerapkan fungsi tersebut yaitu ketika ada salah satu roda mobil yang terperosok ke dalam tanah.

Hanya dengan mengaktifkan fitur Traction Control, roda yang tak terperosok bisa ditahan dengan baik melalui rem. Hal ini memungkinkan tenaga yang dihasilkan dari mesin bisa kembali disalurkan secara merata.

Roda-roda pun bisa seimbang sehingga mobil dapat dikendalikan lagi. Maka dari itu, anda tak perlu panik saat mengendarai mobil yang sudah dilengkapi Traction Control.

Sebagai Sistem Pengereman Roda

Perlu untuk anda ketahui bahwa fitur Traction Control juga berperan penting sebagai sistem pengereman langsung ke tiap roda mobil.

Jika bekerja pada rem roda depan, fungsi fitur Traction Control yaitu mencegah oversteer. Lain halnya jika bekerja untuk rem roda belakang, maka bisa mencegah terjadinya understeer.

Tak hanya itu saja, sistem Traction Control juga memiliki kegunaan untuk menurunkan tenaga mesin hingga mobil bisa dikendalikan kembali.

Membantu Saat Berbelok

Sebagaimana yang sudah diulas diatas, fungsi fitur Traction Control yaitu meminimalisir resiko tergelincir, tak terkecuali ketika berbelok.

Selain terhindar dari bahaya tergelincir, penerapan fitur Traction Control juga memungkinkan pengemudi bisa lebih mudah saat melewati belokan.

Seperti yang diketahui, pengemudi harus menguasai akselerasi, pengereman, dan kemudi ketika ingin berbelok. Tentu hal tersebut terbilang rumit, terlebih untuk pemula.

Namun dengan adanya Traction Control, maka semua itu bisa berjalan secara otomatis sehingga terkesan praktis. Tiap roda akan dibekali dengan kekuatan cengkeraman yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Bukan hanya memudahkan saat berbelok saja, akan tetapi juga menjamin keamanan setelah keluar dari tikungan. Fitur Traction Control ini akan mengerem secara lembut saat pengemudi tak sengaja menekan pedal gas terlalu cepat.

Dengan adanya fitur Traction Control tersebut, maka mobil bisa kembali ke jalur yang seharusnya. Mobil dipastikan tak akan terpelanting keluar.

Cara Aktifkan Traction Control

Setelah memahami beragam fungsi fitur Traction Control, anda memang disarankan untuk memanfaatkan fitur tersebut. Dengan begitu, berkendara akan terasa lebih nyaman.

Untuk mengaktifkan fitur Traction Control ini pun terbilang mudah. Anda hanya perlu menekan tombol pengaktifan yang biasanya ditempatkan di dekat roda kemudi.

Hanya dengan menekannya, maka fitur Traction Control bisa bekerja secara otomatis. Pengemudi benar-benar merasa sangat terbantu dalam menjalankan mobil berkat fitur ini.

Namun anda harus pahami bahwa tak semua mobil dilengkapi dengan fitur Traction Control. Adapun salah satu mobil terbaru yang sudah dibekali dengan Traction Control yaitu Mazda CX-5 Facelift.

Mengingat fungsi fitur Traction Control yang mengesankan, tak ada salahnya jika anda jadikan SUV yang baru saja rilis di Indonesia ini sebagai salah satu pilihan mobil favorit. (R10/HR-Online)

Loading...