Fungsi Kampas Kopling Lengkap Dengan Jenis dan Tips Memilihnya

Fungsi Kampas Kopling
Ilustrasi Kopling. Foto: Istimewa

Fungsi kampas kopling tak banyak diketahui pemilik motor. Padahal kampas kopling ini memiliki peranan yang penting dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke bagian transmisi.

Mungkin sebagian pemilik motor hanya mengetahui cara menggunakannya, namun kurang memahami bagaimana fungsinya.

Jika anda juga kurang tahu fungsinya, ada baiknya anda simak ulasan yang kami bagikan di bawah ini. Dengan begitu, anda bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

Fungsi Kampas Kopling

Salah satu kegunaan kampas kopling yaitu memutus dan menyambung tenaga putar dari sektor mesin ke bagian transmisinya. Hal ini sebagaimana yang sudah sedikit disinggung di atas.

Dalam proses ini, kampas kopling akan memutar input shaft transmisi. Tak mengherankan karena kedua komponen ini dipasang menyatu.

Ketika mesin berputar, fungsi kampas kopling dipengaruhi oleh tenaga putar mesin. Dimana tenaga putar mesin ini akan membuat flywheel ikut berputar. Lalu prosesnya akan berlangsung ke clutch cover.

Dengan demikian, saat clucth cover renggang karena anda menginjak pedal kopling, maka tenaga mesinnya akan terputus. Lain halnya jika pedal kopling dijepit, maka tenaga mesinnya bisa keluar.

Tak hanya itu, kampas kopling juga berfungsi untuk meredam hentakan dan getaran yang ditimbulkan ketika proses sambung putus.

Perlu untuk anda ketahui, kampas kopling terdiri dari sejumlah komponen, salah satunya torsion dumper dan cushion plate. Komponen inilah yang mendukung fungsi tersebut.

Fungsi kampas kopling yang tak kalah penting lainnya yaitu memperhalus perubahan penyaluran tenaga dari mesin ke sektor transmisi.

Saat putaran mesin dilakukan secara tiba-tiba, tentu motor bisa mengalami slip atau hal yang tak nyaman lainnya sehingga membahayakan pengendara.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi selama ada kampas kopling. Meski putaran mesinnya berlangsung secara mendadak, akan tetapi perubahan tenaganya berjalan secara halus sehingga tetap aman dan nyaman.

Jenis Kampas Kopling

Berbicara mengenai kampas kopling, tentu akan semakin apabila mengetahui apa saja jenisnya. Jenis kampas kopling sendiri ada 2, yakni kopling otomatis dan kopling manual.

Pengelompokan jenis kampas kopling ini dibedakan berdasarkan cara kerjanya. Jika kampas kopling otomatis, jenis ini menerapkan gaya sentrifugal.

Fungsi kampas kopling ini menyalurkan tenaga karena dipengaruhi oleh putaran mesinnya. Dengan demikian, posisi susunan kampas dan plat kopling renggang.

Namun sistem kampas dan plat kopling tersebut bisa merapat secara perlahan saat motor mulai digas. Tenaga yang dihasilkan pun akan diteruskan ke transmisi dan lanjut ke roda belakang.

Berbeda halnya dengan kampas kopling manual. Jenis ini memiliki susunan kampas dan plat kopling yang rapat. Tenaga yang disalurkan dipengaruhi oleh pengendaranya.

Apabila pengendara menekan handle kopling, maka kampas dan plat kopling akan renggang. Tenaga dari mesin ke transmisi pun akan lepas. Dengan mekanisme tersebut, motor tidak akan jalan apabila digas.

Tips Memilih Kampas Kopling

Semua fungsi kampas kopling bisa anda dapatkan secara optimal apabila anda tepat dalam memilihnya. Maka dari itu, pastikan anda tahu tips memilih kampas kopling.

Adapun salah satu tipsnya yaitu memperhatikan material yang digunakan. Kampas kopling yang tak berkualitas dibuat dengan bahan baku yang kurang kuat dalam menahan gesekan saat melaju dengan rpm tinggi.

Dengan demikian, akselerasi tak akan bertenaga. Jika masih digunakan, kampas kopling ini bisa menyebabkan slip dan menurunkan kualitas mesin.

Mengenai jenis bahannya, kampas kopling akan berfungsi secara maksimal jika dibuat dengan material rockwoll. Bahan yang satu ini memiliki ketahanan yang jauh lebih tinggi terhadap suhu panas yang ada di dalam mesin.

Tak hanya itu, rockwoll juga lebih tahan terhadap gesekan. Maka dari itu, anda tak perlu khawatir saat mesin terpaksa bekerja terlalu keras karena fungsi kampas kopling dijamin optimal.

Selain bahan, anda juga perlu mempertimbangkan tipe kampas kopling sebelum memilihnya. Sebagai pilihan terbaik, anda bisa jatuhkan pilihan pada basic material ceramic.

Tipe ini seringkali dikombinasikan dengan ceramic clutch plate untuk menciptakan performa yang handal dan sempurna meski suhunya tinggi.

Perihal penggunaannya, tipe kampas kopling ini bisa digunakan untuk kompetisi maupun harian. Plat kopling dengan material ceramic ini sendiri sudah berhasil dikembangkan oleh TDR Racing International.

Fungsi kampas kopling beserta jenis dan tips memilihnya bisa memudahkan anda untuk mendapatkan sensasi berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan di segala kondisi medan jalan. (R10/HR-Online)

Loading...