Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita TerbaruGejala Depresi Ringan Ini Perlu Diwaspadai

Gejala Depresi Ringan Ini Perlu Diwaspadai

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Gejala depresi ringan ini perlu diwaspadai. Depresi muncul ketika harapan tak sejalan dengan kenyataan. Sehingga otak tidak bisa berfikir secara rasional.

Bahkan dengan kondisi ini, dapat menjadikan seseorang lebih tinggi tingkat emosionalnya. Untuk mengetahui apakah Anda mengalami hal tersebut, dapat dilihat melalui tiga gejala depresi yang paling umum terjadi.

Tiga Gejala Depresi Ringan

Gangguan Tidur

Gejala Depresi Ringan yang pertama adalah gangguan tidur. Bangun di tengah malam dan tidak bisa lanjut tidur lagi merupakan salah satu gejala depresi.

Beberapa orang mungkin kesal karena sulit bangun dipagi hari. Namun kebalikannya dengan orang yang mengalami gangguan tidur. Dia akan berjuang supaya dapat mengatur waktu untuk istirahat.

Jika dibiarkan terus-menerus, akan menimbulkan kelelahan serta dapat memunculkan emosi yang tidak stabil dan perasaan cemas.

Selain itu gejala ini dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, diantaranya sakit kepala dan seluruh tubuh terasa nyeri.

Makan Tidak Teratur

Gejala Depresi Ringan yang kedua adalah makan tidak teratur. Perubahan mendasar yang menjadi pertanda depresi adalah hilangnya nafsu makan.

Kebanyakan orang tidak akan makan saat mengalami depresi. Bahkan nafsu makan hilang begitu saja. Namun ada juga orang yang mencoba mengusir depresi dengan terus memakan makanan.

Hal ini berdampak pada perubahan berat badan yang bisa berkurang maupun bertambah secara drastis. Adapun penelitian mencatat, perubahan yang dialami seseorang yang mengalami depresi mencapai 5 persen dalam jangka waktu sebulan.

Merasa Tidak Bahagia dan Hilang Selera untuk Tersenyum

Gejala Depresi Ringan yang ketiga adalah merasa tidak bahagia dan hilang selera untuk tersenyum. Ketika mengalami depresi, dengan refleks seseorang cenderung murung memikirkan masalahnya.

Hal ini menjadikan hilangnya semangat, bahkan kegembiraan dan tak merasa bahagia. Padahal dalam menjalani hidup, tidak ada yang lebih berharga dari pada hilangnya rasa bahagia.

Biasanya, faktor yang menyebabkan depresi terjadi adalah pada faktor pribadi yang menjadikan usahanya tidak berarti.

Jika telah terjadi hal tersebut, maka sulit bagi seseorang masuk dalam hidupnya untuk mencarikan solusi. Padahal dengan kebahagiaan, seseorang dapat menjalani hidup yang lebih baik.

Bahkan masalah yang dihadapi dapat dijadikan sebagai pelajaran hidup. Namun jika sulit untuk mengatasi masalahnya sendiri, Anda memerlukan bantuan dari orang sekitar. Baik bantuan dari teman maupun keluarga, atau dengan penanganan ahli yang dapat dipercaya.

Dari rangkain di atas, Gejala Depresi Ringan dapat dilihat dari pola tingkah perilaku kita. Untuk menghindari hal tersebut, maka mulailah dari sekarang untuk selalu bersyukur dan lebih menikmati hidup.

Cara Atasi Gejala Depresi

Selain itu Anda perlu mencoba hal baru yang dapat mengurangi depresi dengan merefreshkan otak untuk beristirahat sejenak.

Jika depresi yang dialami lebih berat seperti ingin melukai diri sendiri maupun orang lain, maka kondisi ini jangan dibiarkan begitu saja. Perlu dikonsultasikan dengan bantuan Psikiater.

Atau jika depresi yang dialami masih dalam tahap ringan, dan Anda tetap memerlukan bantuan untuk berkonsultasi, maka carilah Psikolog.

Adapun cara ampuh dalam menghilangkan depresi, Anda perlu mengendalikan emosional dengan berpikir jernih dan bersabar untuk menemukan solusi  jalan keluarnya. Demikian ulasan mengenai gejala depresi ringan yang umum terjadi. (Deni/R4/HR-Online)