Gejala Kelelahan Fisik yang Sebaiknya Tidak Disepelekan

gejala kelelahan fisik
Ilustrasi kelelahan fisik. Foto: Istimewa

Jika anda mengalami tanda-tanda atau gejala kelelahan fisik yang tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Kelelahan fisik bisa merupakan gejala yang lumrah, namun juga bisa merupakan tanda adanya penyakit berbahaya.

Kelelahan atau populer dengan istilah medis fatigue merupakan kondisi yang umum dialami dan terjadi pada semua orang. Apalagi setelah kita berolahraga ataupun melakukan aktivitas fisik yang berat.

Kelelahan atau fatigue kondisi fisik yang dirasakan mengalami lelah, kekurangan atau kehabisan energi, kurang motivasi, hingga kurangnya konsentrasi yang berpengaruh terhadap kesehatan mental dan fisik seseorang.

Namun umumnya orang seringkali menyalahartikan maksud kelelahan dengan rasa kantuk. Tentunya saja kedua kondisi berlainan. Jika kantuk butuh tidur, sedangkan penanganan kelelahan tergantung ringan atau beratnya kondisi.

Tanda-Tanda dan Gejala Kelelahan Fisik

Kelelahan merupakan kondisi yang lumrah dan bukan merupakan penyakit. Namun sebuah riset melaporkan tak kurang 97 persen orang yang bekerja mengalami setidaknya satu gejala kelelahan fisik yang kronis.

Kelelahan juga bisa merupakan tanda dari suatu jenis penyakit yang dialami seseorang. Berikut ini sejumlah tanda kelelahan fisik yang wajib diketahui dan segera ditangani agar tidak membawa dampak serius.

  • Tubuh menjadi lemah dan lemas
  • Cepat lelah meski hanya melakukan aktivitas fisik yang ringan saja
  • Kurang motivasi untuk memulai atau melanjutkan pekerjaan
  • Kelelahan yang berkepanjangan
  • Nafas terasa pendek dan sesak
  • Kesadaran kadang hilang
  • Detak jantung terasa meningkat
  • Mengalami sakit Vertigo
  • Sering buang air kecil
  • Kulit terasa kering
  • Penurunan berat badan
  • Otot terasa lemah dan nyeri
  • Kadang muntah dan mengalami diare
  • Tubuh merasa demam dan menggigil
  • Kecemasan dan depresi

Selain tanda-tanda atau gejala kelelahan fisik yang disebutkan di atas mungkin ada juga yang mengalami tanda lainnya. Tanda ini biasanya tergantung jenis penyakit yang sedang dialaminya.

Penyebab Timbulnya Gejala Kelelahan Fisik

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kelelahan fisik. Diantaranya bisa karena merupakan efek dari penggunaan obat-obatan tertentu. Bahkan tak sedikit kasus kelelahan yang tidak diketahui penyebabnya.

Namun beberapa penyebab umum timbulnya gejala kelelahan fisik adalah sebagai berikut:

Faktor gaya hidup juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya kelelahan atau fatigue. Sering makan makanan tidak sehat, minuman beralkohol, merokok, kurang atau jarang berolahraga, dan lainnya.

Kekurangan vitamin dan mineral penting juga bisa menyebabkan terjadinya kelelahan. Seperti kekurangan vitamin B12, vitamin D, asam folat, ataupun kurang zat besi.

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan kelelahan fisik. Seperti konsumsi obat antidepresan, obat anti ansietas, antihistamin, ataupun obat steroid.

Gejala kelelahan fisik juga bisa disebabkan gangguan kesehatan mental. Diantaranya depresi, kecemasan, kesedihan atau karena adanya cedera otak yang bersifat traumatis.

Gangguan metabolisme juga bisa menyebabkan kelelahan tubuh. Seperti karena gangguan makan, penyalahgunaan obat, ataupun hipotiroidisme.

Gangguan pada jantung dan paru-paru juga bisa menyebabkan kelelahan. Seperti gagal jantung kongestif, penyakit asma, maunpun sejumlah jenis penyakit lainnya juga bisa membuat tubuh lemas.

Cara Mengatasi Kelelahan Fisik

Mengenali penyebab kelelahan merupakan langkah yang perlu dilakukan sebelum meminta pengobatan atau mengatasi kelelahan fisik. Pemeriksaaan secara medis sebaiknya dilakukan untuk memastikannya.

Namun, jika gejala kelelahan fisik lebih disebabkan hal yang umum, mungkin dengan beristirahat yang cukup, akan bisa menghilangkah kelelahan tubuh yang dialami. Tidur juga bisa dicoba untuk mengatasi kelelahan.

Selain itu mengkonsumsi makanan atau minum yang mengandung energi juga bisa dilakukan untuk sekedar memulihkan tenaga. Ada banyak minuman atau makan buah yang baik, seperti air kelapa muda hijau, buah pepaya, pisang dan lainnya.

Selain itu mengubah gaya hidup bisa menjadi solusi yang baik agar tubuh tidak mudah lelah dan membuat tubuh lebih sehat. Gaya hidup sehat dengan makan makanan sehat dan rajin berolahraga bisa menjadi cara hidup yang lebih sehat.

Jika tanda atau gejala kelelahan fisik terjadi berkepanjangan dan tidak juga hilang dengan langkah di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Jangan sampai kondisi makin parah yang mungkin akan berbahaya. (R9/HR-Online)

Loading...