Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruGejala Penyakit Diabetes Ini Sering Disepelekan

Gejala Penyakit Diabetes Ini Sering Disepelekan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Gejala Penyakit Diabetes Ini Sering Disepelekan. Penyakit diabetes yang juga bisa dikatakan sebagai “silent killer” ini dapat memberikan efek yang berbahaya bagi penderitanya.

Hal itu karena gejala-gejalanya yang sering tidak disadari oleh penderitanya sendiri dan disaat yang tidak terduga dan tiba-tiba. Secara umum, berikut ini gejala diabetes yang sering diabaikan oleh banyak orang, diantaranya sebagai berikut;

Gejala Penyakit Diabetes

Mudah Haus dan Lapar

Saat seseorang mengidap penyakit diabetes, maka ia akan sering merasa lapar yang disebabkan oleh kadar insulin dalam tubuh yang tidak seimbang.

Insulin berfungsi untuk mengeluarkan glukosa dari makanan untuk disalurkan ke dalam sel tubuh, yang kemudian diubah menjadi energi.

Selain sering merasa lapar, gejala penyakit diabetes dialami penderita yakni mudah merasa haus. Hal ini terjadi karena cara kerja diabetes adalah dengan meningkatkan kadar gula dalam darah dan menghambat ginjal untuk menerima glukosa.

Sehingga, tubuh terus mengeluarkan urin dan kehilangan cairan, akibatnya penderitanya sering merasa haus.

Bolak-balik Buang Air Kecil

Salah satu gejala penyakit diabetes yang juga sering disepelekan adalah terlalu sering buang kecil. Dikarenakan selalu kekurangan insulin, maka tubuh mencari cara lain untuk memecah gula.

Salah satunya yaitu dengan menggunakan sel-sel dalam aliran darah yang kemudian dialirkan ke ginjal. Sehingga, ginjal harus bekerja lebih keras, dan frekuensi buang air kecil pun meningkat.

Berat Badan Turun Drastis

Gejala umum penyakit diabetes, khususnya untuk tipe 1, adalah penurunan berat badan secara dratis. Turunnya berat badan, dalam hal ini tanpa alasan, dan tidak disebabkan karena proses diet maupun bantuan olahraga.

Berat badan turun secara drastis disebabkan karena tubuh membakar lemak dan otot untuk dijadikan sebagai energi.

Ketika pankreas berhenti bekerja, tubuh akan mencari cara lain untuk memecah glukosa yang terdapat di dalam darah.

Salah satu cara yang digunakan oleh tubuh adalah dengan memecah lemak yang tersimpan di dalam tubuh dan menggunakan semua cairan yang tersedia. Sehingga berat badan turun secara drastis.

Gejala Lainnya

Kaki Mati Rasa

Berdasarkan medicalnewstoday.com, salah satu dampak dari tingginya kadar gula dalam darah adalah dapat menyebabkan kerusakan saraf pada sistem dalam tubuh, sehingga kaki penderita diabetes juga bisa mengalami mati rasa.

Jika keadaannya sudah begini, maka penderita harus segera memeriksa ke dokter untuk dilakukan tes darah.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah termasuk dalam gejala penyakit diabetes yang sering diabaikan oleh banyak orang. Saat tidak adanya insulin dalam tubuh, maka tubuh akan menyedot simpanan lemak sehingga terjadinya peningkatan keton dalam tubuh.

Kebanyakan keton menyebabkan perut terasa mual dan bisa menyebabkan muntah.

Mudah Lelah

Mudah lelah merupakan salah satu gejala umum diabetes. Kelelahan yang terlalu sering disebabkan oleh tidak adanya energi di dalam tubuh.

Penderita diabetes akan sering merasa lelah dan mengantuk. Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan glukosa untuk digunakan sebagai energi.

Demikian daftar gejala penyakit diabetes yang seringkali disepelekan. Dari sekarang, mulai waspadai gejala-gejala penyakit tersebut. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -