Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruGempa Bumi Paling Dahsyat di Dunia

Gempa Bumi Paling Dahsyat di Dunia

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Gempa bumi paling dahsyat yang terjadi di dunia. Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang paling menakutkan. Bencana ini juga mengakibatkan dampak yang sangat besar.

Bagaimana tidak? Gempa bumi bisa menimbulkan kerusakan bangunan-bangunan hingga meratakan tanah. Bahkan gempa paling dahsyat juga bisa menyebabkan bencana-bancana alam yang lain ikut terjadi seperti longsor dan tsunami.

Sangat mengerikan sekali bukan? Nah, berikut ini rangkuman gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi di dunia.

Lima Gempa Bumi Paling Dahsyat

Gempa Tohoku

Gempa bumi paling dahsyat yang pertama adalah Gempa Tohaku. Gempa yang melanda kota Tohaku, Jepang tersebut berkekuatan sangat hebat, mencapai 9.1 skala richter pada tahun 2011 lalu.

Gempa ini mengakibatkan setidaknya 22 ribu warga Jepang mengalami kesulitan. Dampak guncangan kuat yang ditimbulkan oleh gempa Tohaku juga berakibat terjadinya tsunami setinggi gedung 12 lantai yang sangat parah.

Kerugian akibat Gempa ohaku diperkirakan mencapai Rp 3,3 triliunan dan menjadi salah satu yang terbesar sepanjang sejarah.

Gempa Bumi Aceh

Gempa bumi paling dahsyat yang kedua adalah gempa bumi di Aceh, Indonesia. Gempa dengan kekuatan besar mencapai 6.1 skala ritcher ini terjadi pada Bulan Desember tahun 2004 silam.

Dampak yang diakibatkan oleh gempa Aceh yaitu menimbulkan tsunami yang mengakibatkan ribuan warga Aceh berhamburan. Gempa ini menelan korban jiwa sangat banyak, mencapai 227 ribu orang.

Bahkan kabarnya, gempa berkekuatan besar ini juga sampai menghantam bibir pantai di negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand. Kerugiannya pun tidak bisa dipastikan, namun diperkirakan mencapai triliunan rupiah.

Gempa di Alaska

Gempa bumi paling dahsyat yang ketiga adalah gempa bumi yang terjadi di Alaska. Gempa ini memiliki kekuatan hingga 9.2 skala richter yang terjadi pada tahun 1964, bertepatan pada perayaan umat Kristiani Jumat Agung.

Akibat yang ditimbulkan oleh bencana ini yaitu setidaknya korban jiwa sebanyak 130 orang. Meskipun jumlah korbannya terbilang cukup sedikit, dampak kerusakan yang dialami mencapai angka Rp 1,6 triliunan.

Gempa di Valdivia

Gempa bumi paling dahsyat yang keempat adalah gempa yang terjadi di Valdivia. Gempa yang terjadi pada tahun 1960 silam ini memilki guncangan hebat dengan kekuatan mencapai 9.5 skala richter.

Akibat dari gempa tersebut, setidaknya 6 ribu jiwa menjadi korban. Gempa Valdivia ini terjadi akibat pergeseran lempeng Nazca yang berada di Amerika Selatan. 

Dampak yang ditimbulkan menyebabkan tsunami hingga menyeberangi Samudera Pasifik dan mencapai pesisir Jepang serta Selandia Baru. Kerusakan yang ditimbulkan dari bencana ini yaitu lebih dari Rp 5 triliunan.

Gempa Rusia

Gempa bumi paling dahsyat yang kelima adalah Gempa bumi yang terjadi di di Semenanjung Kamchatka, Rusia pada tanggal 4 November 1952. Gempa ini juga terbilang paling dahsyat sepanjang sejarah dunia.

Awalnya gempa ini diklaim berkekuatan 8,2 skala richter, namun kemudian direvisi menjadi 9 skala ritcher. Untungnya, gempa dahsyat ini tidak memakan korban jiwa satupun di sekitar episentrum lindu.

Adanya korban baru dilaporkan beberapa lama kemudian itupun bukan manusia. Berdasarkan informasi pada wilayah yang berjarak 3000 mil dari lokasi, ditemukan  6 sapi di Hawaii mati akibat tsunami yang dipicu gempa dahsyat ini.

Demikian gempa paling dahsyat yang terjadi di dunia. Gempa bumi merupakan bencana alam menakutkan serta memiliki dampak kerusakan yang cukup mengerikan. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -