Goa Eksotis di Cagar Alam Pangandaran yang Wajib Dijelajahi Wisatawan

goa esksotis di cagar alam pangandaran
Salah satu Goa yang ada di Cagar Alam Pangandaran didatangi para wisatawan. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Keberadaan goa eksotis di Cagar Alam Pangandaran jadi salah satu destinasi wisata yang wajib dijelajahi wisawatan yang berkunjung ke Pangadaran.

Cagar Alam atau Taman Wisata Alam jadi salah satu wisata Pangandaran yang banyak dikunjungi wisatawan saat libur panjang. Keindahan flora dan faunanya menjadi daya tarik tersendiri, termasuk goa-goa yang ada di Cagar Alam Pangandaran.

Uking Iskandar, Kepala BKSDA Pangandaran, mengatakan, ada banyak pilihan tempat yang bisa dikunjungi wisatawan, salah satunya goa-goa yang berada di Cagar Alam Pangandaran.

“Goa-goa yang tersebar di Cagar Alam Pangandaran ada 6, Goa Panggung, Goa Parat, Goa Miring, Goa Cirengganis, Goa Sumur Mudal, dan Goa Lanang. Dari semua Goa itu, yang paling sering dikunjungi adalah Goa Panggung, Goa Parat, dan Goa Rengganis,” kata Uking saat ditemui HR Online, Jum’at (20/12/2019).

Sementara salah seorang guide wisatawan, Abdul, mengatakan, masing-masing goa di Cagar Alam Pangandaran ini memiliki keindahan yang unik. Terutama dilihat dari ornamennya seperti stalaktit dan stalagmit di Goa Panggung.

“Keunikan bentuk Goa Panggung ini sering dimanfaatkan oleh rumah produksi untuk kebutuhan shooting film layar lebar,” kata Abdul.

Sementara Goa Parat, lanjut Abdul, keunikannya dilihat dari bentuk stalagmit atau mineral yang tumbuh di lantai goa yang mirip dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan.

“Bentuknya yang kayak gitu sering dihubung-hubungkan sama mitos enteng jodoh. Banyak yang datang karena percaya jika goa ini bisa membuat mudah saat mencari jodoh. Itu hanya kepercayaan sebagian orang saja,” terang Abdul.

Senang Menjelajah Goa Eksotis di Cagar Alam Pangandaran

Susi Aprianti, salah seorang wisatawan asal Kebumen yang ditemui HR Online, mengatakan, dirinya bersama keluarga baru 3 kali mengisi liburan di Pangandaran.

“Setiap liburan ke Pangandaran selalu mampir ke Cagar Alam. Sangat terpesona dengan goa-goa yang ada di sini,” kata Susi.

Susi mengaku senang menjelajahi berbagai goa eksotis di Cagar Alam Pangandaran ini. “Masing-masing goa itu beda-beda ornamennya, bebatuannya juga beda-beda. Unik, enggak ada yang sama. Makanya selalu disempatkan menjelajahi goa di Cagar Alam ini,” katanya.

Susi menambahkan dirinya cukup senang bisa wisata di Pangandaran. Selain menikmati pantainya yang indah, dia pun bisa menikmati keindahan flora dan fauna Cagar Alam Pangandaran. (Entang/R7/HR-Online)

Loading...