Harga Hasil Laut di Pangandaran Meroket, Udang Mutiara Tembus 2 Juta Per Kilogram

harga Udang Mutiara
Suasana di TPI Minasari Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Menjelang pergantian tahun sejumlah kebutuhan masyarakat mengalami kenaikan, termasuk sejumlah hasil laut di wilayah Kabupaten Pangandaran juga mengalami kenaikan, salah satu paling fantastis jenis udang mutiara.

Menurut salah satu pegawai TPI Minasari Pangandaran, Ujang Kekey, salah satu jenis ikan kebutuhan ekspor yang tengah naik adalah ikan cabuk. Ikan yang dikirim ke Jepang ini untuk ukuran 5 hingga 7 ons bisa mencapai Rp 110 ribu per kilogramnya.

“Sedangkan untuk ukuran 10 hingga 20 ons mencapai Rp 220 ribu per kilogramnya. Ikan ini sedang naik sekarang. Dalam sehari di TPI Minasari bisa mengumpulkan hingga 1,3 ton per harinya. Mungkin dengan TPI lain bisa lebih banyak,” kata Ujang kepada HR Online, Senin (30/12/2019).

Adapun hasil laut yang naik lainnya adalah udang jenis dogol yang mencapai Rp 110 ribu per kilogramnya. Udang jenis ini biasanya di bawah angka Rp 100 ribu per kilogramnya. Jenis Udang Jerebung dan Tiger juga naik.

Sedangkan harga udang lobster ukuran 3 ons mencapai Rp 320 ribu, dan ukuran 5 ons dipatok Rp 350 ribu per kilogramnya.

“Ini memang untuk diekspor. Kenaikan ini tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para nelayan yang ada di Pangandaran. Secara otomatis pendapatan mereka naik,” imbuh Ujang.

Sementara jenis udang paling fantastis harganya, lanjut Ujang, adalah jenis udang mutiara. Untuk harga 1 kilogramnya mencapai Rp 2 juta. Sedangkan permintaan udang ini sedang tinggi. (Entang/R6/HR-Online)

Aegis Boost Pro