Hari Juang Kartika ke-74, Kodim 0613 Ciamis Gelar Baksos di Monumen Panji Siliwangi

Hari Juang Kartika
Letkol INF Tri Arto Subagio, Dandim 0613 Ciamis, saat menyerahkan bantuan kepada warga Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Selasa (3/12/2019). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika yang ke-74 tahun 2019, Kodim 0613 Ciamis, menggelar Karya Bakti dan Baksos di lokasi Monumen Panji Siliwangi, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Selasa (3/12/2019).

Letkol INF Tri Arto Subagio, Dandim 0613 Ciamis, mengatakan, Hari Juang Kartika merupakan peristiwa bersejarah perjuangan para pendahulu TNI Angkatan Darat bersama rakyat yang diperingati setiap bulan Desember.

“Melalui Hari Juang Kartika, kita jangan melupakan sejarah. Sebab, dengan sejarah kita bisa belajar,” katanya.

Tri juga mengajak masyarakat untuk tetap mempererat jalinan silaturahmi dan menjaga persatuan dan kesatuan. “Pertahankan keutuhan NKRI, sehingga tidak menjadi terpecah belah,” tegas Tri.

Tri juga mengatakan, monumen Panji Siliwangi yang berada di Dusun Cirikip, Desa Cinyasag, merupakan tempat bersejarah. Saat itu, Panji siliwangi diselamatkan oleh Kepala Dusun Cirikip yang bernama Suhnawi (alm).

“Panji Ciliwangi sejatinya sebagai simbol kekuatan sehingga apabila Panji tersebut dapat direbut oleh penjajah, maka sejatinya kita kalah,” tuturnya.

Tri, menambahkan, Karya Bakti dan Baksos dalam rangka Hari Juang Kartika yang ke-74, meliputi pemasangan Pandel Siliwangi, pengecatan monumen Panji Siliwangi dan pemberian kado khusus yang diberikan kepada Ilyas, yang merupakan putra dari almarhum Suhnawi. Selain kepada Ilyas, bantuan juga diberikan kepada Ketua Karang Taruna Desa Cinyasag. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...